Sebutkan pengertian pantun jenaka,pantun nasihat,pantun teka teki, dan pantun kiasan!

Posted on

Sebutkan pengertian pantun jenaka,pantun nasihat,pantun teka teki, dan pantun kiasan!

Jawaban:

Pantun Jenaka adalah pantun yang bertujuan untuk menghibur orang yang mendengar, terkadang dijadikan sebagai media untuk saling menyindir dalam suasana yang penuh keakraban sehingga tidak menimbulkan rasa tersinggung. Dengan pantun jenaka, diharapkan suasana akan menjadi semakin riang.

Pantun Nasihat Pantun yang satu ini memiliki isi yang bertujuan menyampaikan pesan moral dan didikan.

Pantun teka-teki  merupakan suatu pantun dimana isinya tersirat pertanyaan sulit berupa teka teki yang harus dijawab oleh pendengar.

Pantun Kiasan, pantun yg berisikan tentang kiasan yg biasanya untuk menyampaikan suatu hal secara tersirat.

Penjelasan:

Semoga terbantu..

Penjelasan:

1.Pantun Jenaka adalah pantun yang bertujuan untuk menghibur orang yang mendengar, terkadang dijadikan sebagai media untuk saling menyindir dalam suasana yang penuh keakraban sehingga tidak menimbulkan rasa tersinggung.

2. Pantun Nasehat adalah salah satu jenis pantun yang isinya terdapat banyak ajaran maupun nasehat baik itu tentang akhlak atau moral dan juga ilmu dan agama. Dan pada pantun tersebut biasanya terkandung nilai luhur yang terkandung dan secara turun temurun diajarkan kepada para generasi muda

3. Pantun teka teki adalah pantun yang berisikan teka-teki dan dapat digolongkan sebagai salah satu jenis permainan dalam karya sastra.

4. Pantun kiasan adalah sebuah pantun yang di dalamnya terdapat sebuah isi perumpamaan atau mengibaratkan antara satu dengan yang lainnya.

~ maaf jika ada jawaban yg salah