Penafsiran terhadap kenampakan alam yang tidak memiliki hubungan dengan kehidupan manusia dinamakan penafsiran?

Posted on

#pliss dibantu

Penafsiran terhadap kenampakan alam yang tidak memiliki hubungan dengan kehidupan manusia dinamakan penafsiran?

Jawaban Terkonfirmasi

Penafsiran terhadap kenampakan alam yang tidak memiliki hubungan dengan kehidupan manusia dinamakan penafsiran fisis.

Pembahasan

Penafsiran terhadap kenampakan alam disebut juga dengan interpretasi. Interpretasi merupakan kegiatan menafsirkan peta untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai fenomena yang ada berdasarkan pada kenampakan alam tersebut.

Penafsiran dapat dilakukan pada peta umum dan peta khusus. Peta umum adalah peta yang berisi kenampakan umum di muka bumi. Peta khusus adalah peta yang menggambarkan kenampakan yang bersifat khusus.

Penafsiran peta dibagi menjadi 2, yaitu:

1. Penafsiran Fisis.

Penafsiran fisis adalah penafsiran yang dilakukan terhadap kenampakan fisik alam tanpa menghubungkannya dengan kehidupan manusia. Contoh kenampakan alam adalah laut, gunung, sungai, danau dan sebagainya.

Sedangkan contoh penafsiran fisis adalah pola aliran sungai lurus dapat ditafsirkan bahwa daerah tersebut datar. Sebaliknya, pola aliran sungai yang lurus dapat ditafsirkan bahwa daerah tersebut merupakan daerah yang tinggi, miring, dan banyak jeram.

2. Penafsiran Budi daya Manusia.

Penafsiran budi daya manusia adalah penafsiran yang dilakukan dengan menghubungkan kenampakan muka bumi dan hasil budidaya manusia. Contoh hasil budidaya manusia antara lain jalan, pemukiman, jalan kereta api, bandara dan lain-lain.

Sedangkan contoh penafsiran budi daya manusia adalah pola distribusi penduduk. Daerah yang menunjukkan suatu pusat pada pola pemukiman dapat ditafsirkan bahwa daerah tersebut memiliki persediaan air cukup, tanahnya subur, relief tidak menyulitkan atau akses transportasinya mudah.

Pelajari lebih lanjut

Pengertian peta: brainly.co.id/tugas/3173892

Perbedaan peta dengan citra udara: brainly.co.id/tugas/11639294

Detil jawaban:

Kelas: 9 SMP

Mapel: IPS

Bab: Bab 8 – Peta Bentuk dan Pola Muka Bumi

Kode: 9.10.8

Kata kunci: penafsiran, interpretasi, peta