Uliskan pola struktur kalimat peristiwa itu terjadi ketika keluargaku berkabung?

Posted on

Uliskan pola struktur kalimat peristiwa itu terjadi ketika keluargaku berkabung?

Jawaban Terkonfirmasi

Kalimat adalah kesatuan linguistik yang terdiri dari setidaknya satu klausa. Untuk dapat membangun satu klausa yang utuh, dibutuhkan setidaknya dua unsur. Kedua unsur tersebut masing-masing mencakup satu subyek dan satu predikat. Subyek merupakan bagian kalimat yang melakukan tindakan seperti yang diterangkan oleh kata kerja atau verba dalam predikat. Sementara itu, predikat merupakan bagian kalimat yang mengandung kata kerja atau verba yang menerangkan tindakan yang dilakukan oleh subyek.

Dengan kata lain, sebuah kalimat yang utuh dapat dibangun dengan hanya melibatkan satu subyek dan predikat, alias minimal dua kata.

Pembahasan

Pada kesempatan ini, soal menyajikan kita dengan satu kalimat. Kemudian, kita diminta untuk menyajikan pola struktur kalimat tersebut. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.

KALIMAT RUJUKAN

Peristiwa itu terjadi ketika keluargaku berkabung.

STRUKTUR KALIMAT

PERISTIWA ITU (S) TERJADI (P) KETIKA (K) KELUARGAKU (S2) BERKABUNG (P2).

Dengan kata lain, berdasarkan strukturnya, kalimat tersebut merupakan salah satu contoh klaimat kompleks dan majemuk karena memiliki dua predikat dan klausa.

Pelajari lebih lanjut

Pada materi ini, kamu dapat belajar tentang kalimat:

brainly.co.id/tugas/302211

Detil jawaban

Kelas: VIII

Mata pelajaran: Bahasa Indonesia

Bab; Bab 1 – Sastra

Kode kategori: 8.1.1

Kata kunci: pola, struktur, kalimat, peristiwa, subyek, predikat, obyek, keterangan, tindakan, kata kerja, verba, sastra Indonesia

Struktur kalimat
peristiwa itu (s) terjadi (p) ketika (k) keluargaku (s2) berkabung (p2)