Unsur kebahasaan teks tanggapan “kabut asap riau”

Posted on

Unsur kebahasaan teks tanggapan “kabut asap riau”

Jawaban:Kabut Asap Riau

Akhir akhir ini kerap kali pemirsa tv disuguhi oleh berita tentang tebalnya kabut asap yang menerpa kepulauan riau. Kabut asap yang muncul tersebut umumnya disebabkan oleh kebakaran hutan dengan radius yang sangat luas. Banyak sekali warga riau yang merasa terganggu dan akhirnya mengeluh tentang bencana dan permasalahan ini. Dan tidak sedikit pula warga diluar kepulauan riau yang merasa prihatin atas terbakarnya kawasan hutan di kepulauan tersebut.

Munculnya kabut asap yang begitu tebal tersebut disebabkan karena tidak terhentinya kebakaran hutan yang terjadi. Tidak ada yang tau pasti tentang penyebab kebakaran hutan ini. Ada yang berpendapat bahwa bencana ini murni disebabkan oleh fenomena alam yakni cuaca El Nino, namun ada juga beberapa spekulasi yang beranggapan bahwa bencana ini terjadi karena terdapat campur tangan manusia dan merupakan faktor kesengajaan.

Jika kita telaah, kita tidak terlalu tau alasan bagaimana hutan di riau bisa terbakar habis karena pihak berwajib sendiri juga masih menyelidiki bencana tersebut. Namun dampak dan efek negatif dari bencana ini dengan sangat cepat dapat dirasakan oleh penduduk sekitar mulai dari penyakit sesak nafas hingga jarak pandang yang hanya mencapai 10 meter saja. Bahkan saking tebalnya kabut asap hingga dirasakan oleh negara negara tetangga juga.

Seperti pernyataan yang sebelumnya telah dijelaskan, kebakaran hutan yang terjadi sangat sulit untuk dipadamkan. Diperlukan adanya usaha yang ekstra dan kesabaran untuk memadamkan api yang membakar kawasan hutan. Hal ini juga diperparah oleh medan dan letak titik api yang sulit dijangkau oleh petugas pemadam kebakaran sehingga mereka kesuitan untuk memadamkannya. Masyarakat hendaknya juga ikut berperan aktif dalam proses pemadaman ini karena sampai saat ini masyarakat dirasa hanya mampu mengeluh tanpa bisa bertindak.

Penjelasan: semoga benar,tapi senang bisa membantu : )