Jelaskan bentuk pengambilan keputusan yg biasa dilakukan masyarakat indonesia​

Posted on

Jelaskan bentuk pengambilan keputusan yg biasa dilakukan masyarakat indonesia​

Jawaban Terkonfirmasi

Jawaban:

Bentuk pengambilan keputusan yang biasa dilakukan masyarakat Indonesia yaitu dengan Musyawarah Mufakat, Voting atau Suara Terbanyak, dan Aklamasi atau Keputusan Bulat.

Penjelasan:

Pancasila mengandung nilai yang dapat dijadikan pedoman bagi masyarakat Indonesia dalam melakukan pengambilan keputusan. Pengambilan keputusan bersama merupakan salah satu pengamalan dari sila ke-4 Pancasila. Bunyi dari sila ke-4 yaitu "Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan".

Manusia merupakan makhluk sosial sehingga akan berinteraksi dan hidup bersama orang lain. Oleh karena itu, saat berinteraksi terkadang manusia memerlukan untuk mengambil keputusan dalam penyelesaian masalah. Apalagi jika dilakukan oleh masyarakat Indonesia yang memegang teguh Pancasila dan prinsip Demokrasi. Masyarakat Indonesia sendiri akan mengambil keputusan dengan sesuai pedoman pancasila. Sebab itu, diperlukan musyawarah dan mufakat agar semua keputusan yang diambil dapat menyelesaikan persoalan yang ada di masyarakat. Selain itu, keputusan yang didapat adalah yang terbaik yang telah disetujui oleh pihak-pihak di masyarakat.

Penentuan keputusan di masyarakat harus melibatkan seluruh masyarakat yang bersangkutan untuk dimusyawarahkan. Setiap peserta musyawarah harus menghargai pendapat orang lain meski berbeda dengan pendapat dan tidak memaksakan kehendak sendiri. Jika keputusan belum mencapai mufakat, maka musyawarah dapat dilakukan dengan penentuan suara terbanyak atau yang dinamakan dengan voting. Voting dilakukan dengan semua peserta musyawarah memilih keputusan yang mana yang harus dilakukan atau dalam memilih calon pilihan. Kemudian, pilihan terbanyaklah yang akan dijadikan sebagai keputusannya.

Kemudian, jika semua anggota masyarakat atau peserta musyawarah telah sepakat, meka diambil sebuah keputusan secara aklamasi atau keputusan bulat. Namun, yang harus diingat dalam mengambil keputusan untuk kepentingan umum yaitu bahwa tidak boleh memutuskan dengan kehendak sendiri atau dari kepentingan pribadi. Selain itu, harus dilakukan dalam semangat kekeluargaan tanpa adanya mementingkan diri sendiri. Keputusan yang telah diambil dan telah diaklamasi tidak dapat diubah dengan mudah sehingga setiap orang harus menerimanya meskipun bukan pendapatnya yang diterima.

Pelajari Lebih Lanjut :

#BelajarBersamaBrainly