Rangkuman, pengertian dan gambar rumus molekul dan rumus empiris

Posted on

Rangkuman, pengertian dan gambar rumus molekul dan rumus empiris

#1 Rumus Molekul

Rumus molekul adalah rumus yang menunjukkan jumlah atom yang sebenarnya di dalam molekul suatu senyawa.

Contoh:

a.Rumus molekul air yaitu H2O yang berarti dalam satu molekul air terdapat dua atom hidrogen dan satu atom oksigen

b.Rumus molekul glukosa yaitu C6H12O6 yang berarti dalam satu molekul glukosa terdapat 6 atom karbon, 12 atom hidrogen dan 6 atom oksigen

c.Rumus molekul etanol yaitu C2H5OH yang berarti dalam satu molekul etanol terdapat 2 atom karbon, 6 atom hidrogen dan 1 atom oksigen.

#2 Rumus Empiris

Rumus empiris adalah rumus yang menyatakan perbandingan terkecil dari jumlah atom-atom unsur penyusun senyawa. Rumus kimia semua senyawa ion merupakan rumus empiris.

Contoh:

a.Natrium klorida merupakan senyawa ion yang terdiri atas ion Na+ dan ion Cl- dengan perbandingan 1 : 1. Rumus kimia natrium klorida adalah NaCl. Rumus ini dinamakan rumus empiris.

b.Kalsium klorida merupakan senyawa ion yang terdiri atas ion Ca2+ dan ion Cl- dengan perbandingan 2 : 1. Rumus kimia kalsium klorida adalah CaCl2. Rumus ini dinamakan rumus empiris.

c.Asam asetat memiliki rumus molekul CH3COOH. Dari rumus tersebut dapat kita ketahui jumlah atom C =2, H = 4 dan O = 2, sehingga kita bisa menulis ulang rumus molekul asam asetat menjadi C2H4O2. Perbandingan atom-atom penyusun senyawa asam asetat adalah C : H : O = 2 : 4 : 2. Perbandingan ini belum merupakan perbandingan terkecil sehingga masih bisa disederhanakan menjadi C : H : O = 1 : 2 : 1. Dari perbandingan terkecil ini maka rumus kimia asam asetat dapat kita tuliskan CH2O. Rumus kimia asam asetat CH2O inilah yang dinamakan rumus empiris.

(∩ ͡° ͜ʖ ͡°)⊃━✿✿✿✿✿✿