Bagaimana ciri ciri kangker kulit

Posted on

Bagaimana ciri ciri kangker kulit

Jawaban:

Penjelasan:1. Karsinoma sel basah

Karsinoma sel basal biasanya muncul dalam bentuk benjolan kecil dan halus seperti mutiara di kulit Anda, serta luka seperti jaringan parut yang berwarna cokelat. Lama-kelamaan, luka atau benjolan ini juga bisa mengeluarkan darah atau berair dan kemudian berkerak di beberapa daerah. Biasanya ciri karsinoma sel basal ini terjadi di daerah yang sering terkena sinar matahari, seperti kulit kepala, leher, dan wajah. Luka pada kulit juga dapat muncul pada dada dan punggung.

2. Karsinoma sel skuamosa

Karsinoma sel skuamosa biasanya ada dalam bentuk benjolan berwarna merah dan biasanya kasar, serta luka pada kulit seperti sisik dan berkerak. Ciri ini biasanya muncul di daerah yang sering terkena sinar matahari, seperti kulit kepala, leher, wajah, telinga, dan tangan. Namun, orang yang mempunyai warna kulit gelap biasanya mempunyai karsinoma sel skuamosa pada daerah yang jarang terkena sinar matahari, seperti telapak tangan dan telapak kaki.

3. Melanoma

Ini merupakan jenis kanker kulit yang sulit diobati. Melanoma dapat terjadi pada semua orang dengan warna kulit apapun. Pada orang yang mempunyai kulit gelap, melanoma biasanya terjadi pada daerah kulit yang jarang terkena sinar matahari, seperti telapak tangan, telapak kaki, di bawah kuku jari tangan, atau kuku jari kaki.

Tak hanya itu, melanoma juga dapat berkembang di mana saja, di kulit yang sering maupun jarang terkena sinar matahari, di kulit yang normal, atau di tahi lalat yang hidup dan berkembang menjadi kanker. Melanoma paling sering muncul pada wajah. Pada wanita, melanoma sering terjadi pada bagian bawah kaki.

Ciri-ciri kanker kulit melanoma adalah:

Bintik besar berwarna cokelat pada kulit

Benjolan pada kulit seperti tahi lalat yang dapat berubah warna, ukuran (biasanya besar), serta bisa berdarah

Luka kecil dengan batas tidak beraturan

Luka yang berwarna gelap pada telapak tangan, telapak kaki, ujung jari tangan, ujung jari kaki, atau pada selaput lendir yang melapisi mulut, hidung, vagina, atau anus