Apakah perbedaan koperasi jasa dan koperasi serbusaha​

Posted on

Apakah perbedaan koperasi jasa dan koperasi serbusaha​

Jawaban:

Koperasi Jasa

Kopaja merupakan koperasi penyedia jasaangkutan.

Berikut ini adalah tujuan koperasi kredit.

a) Mendidik anggotanya agar hemat dan gemar menabung.

b) Membebaskan anggotanya dari jeratan rentenir.

c) Membantu memperbaiki keadaan ekonomi anggota dengan memberipinjaman dengan bunga rendah dan mudah.

Keanggotaan koperasi simpan pinjam bebas bagi semua orang yangmemenuhi untuk menjadi anggota koperasi dan mempunyai kepentingan yangsama. Contohnya, koperasi simpan pinjam dengan anggota petani, koperasisimpan pinjam dengan anggota nelayan, dan sebagainya.

2) Koperasi Serba Usaha

Koperasi serba usaha adalah koperasi yang menyediakan berbagaimacam kebutuhan ekonomi, baik dibidang produksi, konsumsi, perkreditanmaupun jasa.Dalam rangka meningkatkan produksi dan kehidupanmasyarakat di daerah pedesaan, pemerintah menganjurkan pembentukanKoperasi Unit Desa (KUD).KUD merupakan koperasi serba usaha, dimanaanggota-anggotanya mempunyai kepentingan-kepentingan yang sama.KUD mempunyai beberapa fungsi sebagai berikut.

a. Perkreditan.

b. Penyediaan dan penyaluran sarana produksi pertanian dan keperluanhidup sehari-hari.

c. Pengolahan dan pemasaran hasil pertanian.

d. Pelayanan jasa-jasa lainnya.

e. Melakukan kegiatan-kegiatan ekonomi lainnya.Koperasi jasa adalah koperasi yang bergerakdi bidang penyediaan jasa tertentu bagi paraanggota maupun masyarakat umum, sepertikoperasi angkutan, koperasi jasa audit, koperasiperumahan, koperasi asuransi, dan lainnya.

DiJakarta terdapat KOPAJA yang terkenal denganpenyediaan jasa angkutan bagi masyarakat.Para pengusaha angkutan yang terhimpundalam KOPAJA bekerjasama mengadakan sukucadang kendaraan bagi para anggota dengantujuan untuk memperkuat daya tawar sertamenghindarkan persaingan yang

Penjelasan:

SEMOGA MEMBANTU