Jelaskan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam perancangan konten infografis​

Posted on

Jelaskan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam perancangan konten infografis​

Jawaban Terkonfirmasi

Berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan saat perancangan dan pembuatan konten infografis​:

  • Mengenali target dan tujuan yang diinginkan

Target audiens akan memberikan respon dari ilustrasi data melalui visual dengan baik. Saat audien memberikan tanggapan yang baik terhadap angka dan data sehingga infografis dapat dianggap berhasil.

  • Merancang infografis yang sederhana

Infografis wajib mempunyai fungsi yang jelas yang dapat disampaikan sesederhana, dengan situasi seperti itu memperoleh banyak ruang kosong, grafik yang konsisten, dan warna yang sederhana.

  • Menunjukkan tidak menceritakan

Infografis merupakan mengenai menunjukkan data bukan menceritakan data. Oleh sebab itu harus memikirkan pendekatan visual untuk merepresentasikan informasi yang akan disampaikan di dalam infografis.

  • Menggunakan teks sedikit mungkin

Tulisan dipakai untuk menopang tampilan visual yang dipakai. Saat informasi dapat ditunjukkan melalui visual daripada melalui tulisan maka hasilnya akan lebih baik.

Pembahasan

Definisi dari infografis merupakan media informasi yang ditampilkan melalui bentuk teks, serta digabungkan dengan beragam unsur visual seperti  grafik, tipografi, gambar, dan ilustrasi. Infografis juga sangat mirip dengan penambahan data melalui bentuk angka yang dirancang dalam berbagai gabungan warna desain yang menarik.

Hal tersebut dapat membuat isi konten menjadi lebih atraktif,  interaktif, dan estetik pada pembaca. Kelebihan dari infografis ialah informasi yang dibaca secara visual akan langsung diproses semua oleh otak, berbeda dengan informasi yang disampaikan melalui teks atau kalimat yang informasi akan diproses secara linear.

Pelajari lebih lanjut

  • Materi tentang cara menyajikan informasi ke dalam infografis

brainly.co.id/tugas/21652435

  • Materi tentang Infografis menggunakan gambar ilustrasi yang seperti

brainly.co.id/tugas/49923806

  • Materi tentang  infografis tersebut dapat membantumu memahami fakta-fakta tentang sampah plastik serta alasan terkait infografis pada wacana tersebut

brainly.co.id/tugas/50396919

Detail jawaban

Kelas: 12

Mapel: TIK

Bab: 1 – Mengenal dan Mengaplikasikan Dasar Desain Grafis

Kode: 12.11.1

#AyoBelajar #SPJ2