Setiap 2 liter gas nitrogen  tepat habis bereaksi dengan 3 liter gas

Posted on

oksigen menghasilkan 1 liter gas oksida nitrogen. Jika volume diukur pada suhu
dan tekanan yang sama, tentukan rumus molekul oksida nitrogen tersebut?

Setiap 2 liter gas nitrogen  tepat habis bereaksi dengan 3 liter gas

Setiap 2 liter gas nitrogen  tepat habis bereaksi dengan 3 liter gas  oksigen menghasilkan 1 liter gas oksida nitrogen. Jika volume diukur pada suhu  dan tekanan yang sama, rumus molekul oksida nitrogen tersebut adalah N₄O₆.

Penjelasan:

Untuk menyelesaikan soal diatas, maka kita bisa mengingat kembali tentang Hukum Dasar Kimia yang dikemukakan oleh Gay Lussac dan Avogadro tentang Hukum Perbandingan Volume.

Hukum Gay Lussac bermula ketika John Dalton mengemukakan teorinya bahwa senyawa terbentuk dari dua jenis atom atau lebih dengan perbandingan tertentu. Namun, berdasarkan teori tersebut Dalton belum mampu merumuskan tata cara dalam menentukan rumus Kimia dari suatu senyawa tersebut.

Ketertarikan Gay Lussac bermula ketika seorang Ahli Kimia dari Inggris yaitu Henry Cavendish menemukan perbandingan atom Hidrogen dan Air dalam Air yang belum diketahui oleh Dalton berdasarkan pada perbandingan volumenya yang diukur pada suhu dan tekanan yang sama.

Berdasarkan pada percobaan tersebut, kemudian Gay Lussac melakukan percobaan pada berbagai jenis reaksi gas dan memberikan kesimpulan yang pada akhirnya disebut sebagai Hukum Perbandingan Volume, yang berbunyi sebagai berikut:

"Bila diukur pada Suhu dan Tekanan yang sama, Volume gas yang bereaksi dan gas hasil reaksi berbanding sebagai bilangan bulat dan sederhana"

Namun, Gay Lussac termasuk juga Dalton tidak bisa menjelaskan makna dari bilangan bulat dan sederhana, karena mereka beranggapan bahwa partikel unsur yang bereaksi selalu dalam bentuk atom.

Hingga pada tahun 1811 Amadeo Avogadro mengemukakan bahwa tidak semua partikel unsur harus berupa atom tetapi dapat berupa gabungan dari beberapa atom yang disebiut sebagai molekul unsur.

Avogadro dapat menjelaskan apa yang tidak bisa dijelaskan dalam Hukum Perbandingan Volume yang dikemukakan oleh Gay Lussac.

Avogadro mengajukan sebuah Hipotesis yang berbunyi bahwa "Pada Suhu dan Tekanan sama, semua gas bervolum sama mengandung jumlah molekul yang sama pula"

Berdasarkan pada hipotesis tersebut dapat disimpulkan bahwa perbandingan volume gas-gas tersebut menunjukkan perbandingan jumlah molekulnya pada keadaan suhu dan tekanan yang sama.

Dengan Kata lain bahwa Perbandingan Volume Gas-gas yang bereaksi adalah sama dengan Koefisien Reaksinya.

Sehingga berdasarkan pada Hukum Avogadro kita dapat menentukan rumus molekul dari berbagai unsur dan senyawa.

Maka berdasarkan pada uraian penjelasan Hukum Perbandingan Volume diatas, bisa kita tuliskan perbandinga volume berdasarkan pada data yang diketahui di soal, yaitu:

Volume Gas Nitrogen : Volume Gas Oksigen : Volume Gas Oksida Nitrogen

          2 Liter                :                   3 Liter        :              1 Liter

maka jika kita tuliskan dalam bentuk persamaan reaksi kimianya yaitu:

a  N_2  +  b O_2  ==>  c  N_xO_y

sehingga jika perbandingan volume diatas kita masukkan pada persamaan reaksi kimianya sebagai perbandingan Koefisien reaksinya berdasarkan pada Hipotesis Avogadro, maka:

2  N_2  +  3 O_2  ==>  1  N_xO_y

sehingga berdasarkan persamaan reaksi kimia diatas kita mengetahui bahwa nilai x  dan nilai y dengan menghitung dan menyamakan jumlah atom di kiri dan kanan (Penyetaraan Reaksi) yaitu:

Atom N

Kiri = 2 x 2 = 4

Kanan = 1 x

maka: x = 4

Atom O

Kiri = 3 x 2 = 6

Kanan = 1 y

maka: y = 6

Berdasarkan penyetaraan reaksi diatas, diketahui nilai x = 4 dan y = 6, maka rumus molekul dari oksida Nitrogen yang dimaksud di soal adalah N₄O₆ atau tetranitrogen Heksaoksida.

Demikian Pembahasan terkait Hukum Gay Lussac dan Avogadro.

Pelajari soal-soal tentang Hukum Dasar Kimia melalui link-link berikut:

Hukum Kekekalan Massa Lavoisier

brainly.co.id/tugas/5030701

brainly.co.id/tugas/10479855

Hukum Perbandingan Tetap Proust

brainly.co.id/tugas/10943947

brainly.co.id/tugas/2490088

Hukum Kelipatan Berganda Dalton

brainly.co.id/tugas/27191609

Selamat Belajar dan Tetap Semangat!!!

#AyoBelajar

—————————————————————————————————

Detail Jawaban:

Kelas     : X

Mapel    : KIMIA

BAB       : Hukum Dasar Kimia

Kode     : 10.7.6.

—————————————————————————————————-

Gambar Jawaban

Gambar Jawaban

Setiap 2 liter gas nitrogen  tepat habis bereaksi dengan 3 liter gas  oksigen menghasilkan 1 liter gas oksida nitrogen

Reaksi yang terjadi adalah

2N₂ + 3O₂ → 2N₂O₃

Jika volume diukur pada suhu  dan tekanan yang sama, tentukan rumus molekul oksida nitrogen tersebut?

Dinitrogen trioxide (N₂O₃)

═══════════╣BelajarBersamaBRAINLY╠════════════  

Tetap semangat ya dalam belajar. Semoga jawaban ini bisa membantu. Untuk lebih memahami materi silahkan untuk mempelajari link dibawah ini