Mengapa Di SPBU terdapat tulisan “DILARANG MEROKOK”

Posted on

Mengapa Di SPBU terdapat tulisan “DILARANG MEROKOK”

Jawaban Terkonfirmasi

Mengapa Di SPBU terdapat tulisan "DILARANG MEROKOK"?

Jawaban:

Karena bara api dari rokok dapat menyulut uap dari bensin yang ada di SPBU, yang dapat meledak dan emnyebabkan kebakaran di SPBU itu.

Pembahasan:

Bensin, bahan bakar yang banyak dijual di SPBU memiliki titik didih yang rendah sebesar 35 °C. Suhu ini sangat dekat dengan suhu udara di wilayah panas seperti Indonesia, yang rata-rata mencapai 30 °C.

Pada suhu ini, sebagian dari bensin sudah mulai menguap ke udara, denan kata lain mengalai transisi dari fase cair ke fase padat. Uap ini sangat mudah terbakar, terutama bila mengenai bara seperti pada rokok.

Rendahnya titik didih bensin ini karena bensin didominasi oleh senyawa hidrokarbon yang berantai pendek dan berukuran molekul kecil. Sebagian besar bensin terdiri dari campuran seragam dari hidrokarbon ringan dengan antara 4 dan 12 atom karbon per molekulnya (biasanya disebut sebagai C4-C12). Campuran ini terdiri dari senyawa dalam kelompok (alkana), olefin (alkena) dan sikloalkana (naphthen).

Karena ukuran molekul kecil, maka daya tarik antara molekul lemah, dan titik didih menjadi rendah.  

Selain larangan merokok pada SPBU, larangan merokok juga ditemui di dekat mobil tangki BBM karena alasan yang sama, yaitu bara rokok ini dapat memicu kebakaran dan ledakan.

—————————————————————————————————————

Pelajari lebih lanjut:

Beberapa negara di Eropa menunjukkan kecenderungan pertumbuhan penduduk yang rendah. Carilah informasi untuk menjelaskan fenomena tersebut!

brainly.co.id/tugas/17068834

Kode: –

Kelas: IX

Mata Pelajaran: Kimia  

Materi:   Senyawa Hidrokarbon

Kata Kunci: Bensin