Apa perbedaan antara teks eksplanasi dan teks laporan hasil observasi?

Posted on

Apa perbedaan antara teks eksplanasi dan teks laporan hasil observasi?

Perbedaan Teks Eksplanasi dengan Teks Observasi

1. Teks eksplanasi menggunanakan kalimat pasif sedangkan teks observasi menggunakan kalimat aktif.

2. Teks eksplanasi bersifat unik dan individual sedangkan teks observasi bersifat global dan universal.

3. Pada teks eksplanasi tidak disebutkan waktu pelaksaannya sedangkan teks observasi pada bagaian isi dijelaskan waktu pelaksaannya.

4. Perbedaan yang lainnya

a. Teks laporan hasil observasi terdiri atas definisi umum (pembukaan), deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat. Bagian definisi umum (pembukaan) berisi pengertian akan sesuatu yang dibahas. Deskripsi bagian berisi gambaran tentang sesuatu secara terinci. Sementara itu, deskripsi manfaat merupakan bagian yang berisi manfaat atau kegunaan.

b. Teks eksplanasi disusun dengan struktur yang terdiri atas bagian-bagian yang memperlihatkan pernyataan umum (pembukaan), deretan penjelasan (isi), dan interpretasi/penutup/interpretasi (tidak harus ada). Bagian pernyataan umum berisi informasi singkat tentang apa yang dibicarakan. Bagian deretan penjelas berisi urutan uraian atau penjelasan tentang peristiwa yang terjadi. Sementara itu, bagian interpretasi berisi pendapat singkat penulis tentang peristiwa yang terjadi. Bagian ini merupakan penutup teks eksplanasi yang boleh ada atau tidak ada.