Tuliskan contoh teks eksplanasi dan tulis kaidah kebahasaannya!!

Posted on

Tolong yaaaa….. Bantuannya bsk di kumpulin 🙂

Tuliskan contoh teks eksplanasi dan tulis kaidah kebahasaannya!!

Pernyataan Umum
Banjir merupakan luapan air dengan debit besar yang menggenang dan menerjang daratan sebuah daerah. Air tersebut kemudian masuk ke pemukiman warga karena sungai sudah tidak bisa menampung air yang terlalu besar. Banjir merupakan gejala alam yang berdampak langsung terhadap kehidupan manusia, baik secara fisik maupun mental.

Deretan Penjelas
Terjadinya bencana banjir, bisa disebabkan oleh alam ataupun manusia. Untuk faktor alam, biasanya terjadi karena curah hujan yang sangat tinggi dan letak geografis lebih rendah dari permukaan laut. Sedangkan faktor manusia karena penebangan hutan secara liar, buang sampah sembarangan yang menyebabkan air tidak mengalir lalu meluap dan menggenang pemukiman warga.

Banyak kerugian karena bencana banjir, mulai dari peternakan, perkebunan, sampai sawah semua bisa mengalami keriguan yang besar. Semua sarana rumah tangga dan masyarakat hanyut terbawa arus air yang deras. Bahkan tidak sedikut juga nyawa manusia yang ikut hanyut hingga melayang menghadap Tuhan yang Maha Esa.

Interpretasi
Banjir bisa menyebabkan kerugian yang sangat besar bagi manusia, bahkan dapat menyebabkan kematian pula. Untuk itu, kita sebagai manusia lakukan hal-hal positif yang bisa meminimalisir terjadinya banjir. Dimulai dari hal-hal kecil, yaitu membuang sampah pada tempatnya. Lakukan juga pembuatan lubang serapan air untuk menyerap air ketika sedang hujan deras. Dengan melakukan hal-hal kecil semacam ini, maka kemungkinan akan terjadi banjir akan berkurang.

dah lengkap sama strukturnya sama kaidahnya,semoga bermanfaat