Apa arti mutamatsilain?

Posted on

Apa arti mutamatsilain?

Idgham. Idgham (ﺇﺩﻏﺎﻡ) adalah berpadu atau bercampur antara dua huruf atau memasukkan satu huruf ke dalam huruf yang lain. … Idgham mutaqaribain (ﺇﺩﻏﺎﻡ ﻣﺘﻘﺎﺭﺑﻴﻦ – yang hampir) ialah pertemuan dua huruf yang sifat dan makhrajnya hampir sama, seperti ba' bertemu mim, qaf bertemu kaf dan tha' bertemu dzal.

SEMOGA MEMBANTU

Mutamatsilain pada dasarnya memiliki arti dua hal yang sama. Sehingga apabila digabungkan arti Idghom Mutamatsilain adalah bertemunya dua huruf yang sama, baik mahroj ataupun sifatnya. Seedangkan dalam nazam kitab nihayatul qoulil mufid dan hidayatul mustafid idghom mutamatsilain terjadi apabila dua huruf bertemu, yang makhroj dan sifatnya sama, maka mereka dinamai dengan (idghom) mutamatsilain.

Dengan adanya penjelasan serta pengertian idghom mutamatsilain diatas dapatlah dikatakan bahwa Idghom Mutamatsilain terjadi apabila ada huruf yang sama, baik makhroj atapun sifatnya bertemu. Misalnya saja Ba’ (ب) bertemu dengan Ba’(ب), Ta’(ت)  bertemu dengan Ta’ (ت), Kaf (ك) bertemu dengan Kaf (ك), dan seterusnya.