Jelaskan cara melakukan resusitasi jantung dan paru-paru dengan benar

Posted on

Jelaskan cara melakukan resusitasi jantung dan paru-paru dengan benar

Jawaban Terkonfirmasi

Cara melakukan resusitasi jantung dan paru-paru sebagai berikut:

1. Perhatikan lingkungan sekitar

Perhatikan apakah kondisi sekitar aman bagi korban, si penolong, dan orang lain yang berada di sekitar. Hal ini penting agar si penolong tidak terkena bahaya seperti korban.

2. Cek respon

Penilaian tingkat kesadaran korban dapat dilakukan dalam empat tahap. Pertama, cek apakah korban sadar? Apakah korban merespon dengan panggilan suara? Apakah korban merespon apabila ada pemberian rasa sakit, seperti ditepuk pundaknya.

3. Kompersi dada

Agar kompresi dada efektif maka korban harus dalam posisi terlentang pada permukaan rata dan keras. Langkah melakukan kompresi dada dewasa yaitu dengan memberikan penekanan pada dada sebanyak 30 kali penekanan dengan kedalaman 5 sampai 6 cm. Lokasi penekanan berada pada pertengahan dada yaitu di bawah tulang sternum.

4. Jalan nafas

Setelah memberikan 30 kali kompresi dada, buka jalan napas dengan menggunakan cara meletakkan satu tangan di dahi korban dan tengadahkan kepala korban.

5. Berikan bantuan nafas

Memberikan bantuan napas sebanyak dua kali. Setiap tiupan dilakukan selama 1 detik dan terlihat dada terangkat.

Pembahasan

Resusutasi adalah tindakan pertolongan pertama pada orang yang mengalami henti napas karena sebab-sebab tertentu. Resusutasu bertujuan untuk membuka kembali jalan napas yang menyempit atau tertutup sama sekali.

Tindakan ini didasarkan pada 3 pemeriksaan yang disebut langkah-langkah ABC resusitasi yaitu:

1. Airway (saluran napas)

Untuk membuka saluran napas, letakkan satu tangan di dahi pasien, dan dua jari tangan di bawah dagunya bentuk tangan seperti pistol. Dengan lembut dongakkan kepalanya dengan menekan dahi sambil sedikit mendorong dagu pasien.

2. Breathing (bernafas)

Memeriksa ada tidaknya napas, dengarkan bunyi napasnya atau rasai dengan pipi anda sampai 10 detik. Bila tak ada tanda bernafas, mulailah pernapasan buatan.

3. Circulation (peredaran darah)

Untuk memeriksa peredaran darah, raba denyut nadi dengan dua jari selama 10 detik. Untuk bayi rabalah denyut brakhial di bagian dalam lengan. Untuk orang dewasa atau anak-anak, raba denyut karotid di leher di rongga antara trakhea(saluran udara)dengan otot besar leher.

Pelajari lebih lanjut

materi tentang resusitasi jantung dan paru-paru  brainly.co.id/tugas/22153613

——————————————————

Detail jawaban

Kelas: 11 – SMA

Mapel: Penjeaskes

Bab: Resusitasi

Kode:

Kata kunci: Resusitasi jantung dan paru-paru, langkah-langkah resusitasi.

AJ.