Sejarah perkembangan bola voli di asia

Posted on

Sejarah perkembangan bola voli di asia

Tahun 1900 permainan voli sudah dikenal di India dibawa oleh seorang ahli pendidikan jasmani dari Y.M.C.A yang bernama De Gray. Philipina dan negara lain di timur jauh mulai mengenal permainan dari Elwood E. brown padatahun 1910. akan tetapi permainan yang dikembangkan di Timur jauh pada waktu itu sudah di modifikasi, tidak menggunakan 6 orang tapi satu regu terdiri dari 9pemain yang dikenal dengan istilah “The Far Eastern Volley Ball Sustem” atau“ Nine Men System” yang dimaksud dengan negara timur Jauh adalah Jepang,Korea, China, dan Philipina. Pada tahun 1961 persatuan Bola Voli Nasional Pakistan memprakarsai turnamen bola voli International yang disebut dengan nama “Morgan Cup”. Tujuan penyelenggaraan turnamen ini adalah untuk menghormati William G.Morgan sebagai pencipta permainan bola voli modern, dalam kejuaraan itu Indonesia tercatat sebagai peserta.
Asian Volley Ball Convederation
(A.V.C) saat 13itu sudah beranggotakan sebanyak 50 negara termasuk didalamnya Asia dan Oceania antara lain Australia, New Zelland, Papua New Guniea, Vanuatu, Sanioa,Fiji, Tonga, dan lain-lain .
Sebagai presiden Asia volley ballconvederation saat ini Mr. Yasutaka Matsudaira dan Japan volley ball Assosation yang berkedudukan di Tokyo.