Saat musim hujan berlangsung banyak daerah di indonesia yang mengalami musibah tanah longsor. Tuliskan atau jelaskan upaya mitigasi agar tidak banyak menelan korban sebelum bencana terjadi

Posted on

Saat musim hujan berlangsung banyak daerah di indonesia yang mengalami musibah tanah longsor. Tuliskan atau jelaskan upaya mitigasi agar tidak banyak menelan korban sebelum bencana terjadi

Jawaban Terkonfirmasi

Saat musim hujan berlangsung, banyak daerah di Indonesia yang mengalami musibah tanah longsor. Upaya mitigasi agar tidak banyak menelan korban sebelum bencana terjadi adalah dengan beberapa cara sebagai berikut :

  1. Memetakan daerah yang rawan terjadi longsor,
  2. Mempelajari peta-peta rawan longsor,
  3. Memberikan peringatan kepada warga yang memiliki rumah dekat dengan tebing rawan longsor,
  4. Melakukan reboisasi terhadap daerah dengan kemiringan yang memiliki resiko longsor yang tinggi,
  5. Pembatasan lahan untuk pertanian,
  6. Pembuatan saluran air di daerah tebing rawan longsor.

Pembahasan

Halo, brainlylovers!

Untuk kali ini kita akan bersama-sama menjawab sebuah kajian dari pelajaran geografi dengan tema mitigasi bencana tanah longsor.

Indonesia merupakan negara dengan bentukan lahan yang memiliki keaneka ragaman sangat tinggi. Namun pemanfaatan lahan yang tidak baik akan menyebabkan dampak negatif terhadap kehidupan manusia dan lingkungan. Akhir-akhir ini bencana tanah longsor dan juga banjir bandang semakin sering terdengar di berita-berita dengan jumlah korban manusia yang tidak sedikit. Bencana ini terjadi karena tidak adanya pemikiran ke depan tentang penggunaan lahan yang baik.

Dalam studi mitigasi bencana terdapat beberapa cara agar bisa memperkecil jumlah korban pada sebuah kejadian. Kegiatan itu disebut dengan mitigasi bencana.

Mitigasi bencana merupakan sebuah usaha untuk memperkecil jumlah korban yang muncul sebagai akibat dari bencana tanah longsor. Mitigasi itu sendiri terdiri dari 3 jenis yaitu :

• Sebelum terjadinya bencana

• Saat terjadinya bencana

• Setelah terjadinya bencana

Di dalam soal yang menjadi pertanyaan adalah mengenai mitigasi sebelum terjadinya bencana. Hal-hal yang bisa dilakukan adalah ada beberapa yang sudah saya sebutkan di atas tadi. Intinya adalah manusia harus bisa memikirkan secara matang dalam rangka mengupayakan meminimalisir resiko terjadinya korban dari sebelum terjadinya bencana. Jika semua sudah direncanakan secara matang maka dmapak kerugian akan semakin kecil.

Mungkin itu dulu sedikit penjelasan dari saya tentang upaya mitigasi agar tidak banyak menelan korban. Semoga bermanfaat

Pelajari Lebih Lanjut

  1. Kajian tentang pengendalian hama bisa coba cek link brainly.co.id/tugas/5411254
  2. Kajian tentang sungai dengan proses geomorfologi bisa coba cek brainly.co.id/tugas/12094868
  3. Kajian tentang sumber daya energi bisa coba cek link brainly.co.id/tugas/14609741

Detail jawaban  

Kelas : 10

Mapel : Geografi

Bab 7 : Mitigasi dan Adaptasi Bencana Alam

Kode : 10.8.2007  

Kata Kunci : Tanah Longsor, Mitigasi Bencana, Musim Hujan

#optitimcompetition

Gambar Jawaban