Ikatan ion paling mudah terbentuk antara atom atom unsur golongan…

Posted on

Ikatan ion paling mudah terbentuk antara atom atom unsur golongan…

Jawaban Terkonfirmasi

Ikatan ion paling mudah terbentuk antara atom-atom unsur golongan IA dan VIIA. Atom dari kedua golongan tersebut memiliki beda keelektronegatifan yang besar. Semakin besar beda keelektronegatifan semakin mudah membentuk ikatan ion.

Pembahasan

Ikatan ion merupakan ikatan yang terbentuk karena adanya gaya Tarik-menarik antara ion positif dan ion negatif. Ion positif terbentuk karena suatu unsur yang melepaskan elektronnya dan biasanya unsur tersebut adalah unsur logam. Adapun ion negatif terbentuk karena unsur suatu unsur menerima elektron dan biasanya unsur tersebut termasuk unsur non logam. Ikatan ion terjadi karena adanya serah terima elektron. Atom-atom membentuk ikatan ion karena masing-masing atom ingin mencapai keseimbangan/kestabilan seperti struktur elektron gas mulia. Ikatan ion dapat terbentuk antara:

a. ion positif dengan ion negatif,

b. atom-atom berenergi potensial ionisasi kecil dengan atom-atom berafinitas elektron besar (Atom-atom unsur golongan IA, IIA dengan atom-atom unsur golongan VIA, VIIA),

c. atom-atom dengan keelektronegatifan kecil dengan atom-atom yang mempunyai keelektronegatifan besar.

Pada kasus di atas

Pada soal ditanyakan ikatan ion yang paling mudah terbentuk. Ikatan ion akan mudah terbentuk jika terdapat perbedaan keelektronegatifan yang besar antara kedua atom yang akan berikatan. Pada tabel periodic unsur semakin kanan letak atom semakin besar keelektronegatifannya (kecuali unsur VIIIA yang mempunyai keelektronegatifa = 0). Sehingga jika ditanyakan atom atom yang paling mudah membentuk ikatan ion adalah atom yang terletak pada golongan paling kanan yaitu golongan VIIA dengan atom yang terdapat pada golongan paling kiri yaitu golongan IA. Atom-atom dari dua golongan tersebut jika dipasangkan akan memiliki perbedaan keelektronegatifan paling besar disbanding pasangan atom dari golongan lain.

Jadi dapat disimpulkan ikatan ion paling mudah terbentuk antara atom-atom unsur golongan IA dan VIIA.

Pelajari lebih lanjut tentang kestabilan dan jenis ikatan di: brainly.co.id/tugas/2261772.

Detil jawaban

Kelas: X

Mapel: Kimia

Bab: Ikatan Kimia

Kode: 10.7.4

#AyoBelajar