Cara mempererat akidah islam

Posted on

Cara mempererat akidah islam

5 Cara Menguatkan Iman Kepada Allah Yang Paling Mudah Dilakukan

Rutin membaca Alquran

Alquran merupakan petunjuk dasar untuk mewujudkan keimanan. Rutin membaca dan memahami Alquran setiap hari juga termasuk dalam cara menguatkan imankepada Allah yang sangat wajib dilakukan.

“Wahai manusia sungguh telah datang pelajaran dari Tuhan-Mu (Al-Qur’an), sebagai penyembuh bagi penyakit yang ada di dalam dada, dan petunjuk serta rahmat bagi orang yang beriman.” [QS. Yunus (10): 57]

Dengan rajin membaca Al-quran maka Anda akan mendapatkan banyak manfaat bagi hidup, seperti membuka pintu rezeki, meningkatkan kebahagiaan rumah tangga, mendapatkan kesehatan fisik maupun psikis, dan sebagainya.

Baca juga: 9 Doa pembuka rezeki yang pasti dikabulkan Allah

Istiqamah pada ajaran Islam

Memiliki sikap istiqamah merupakan salah satu cara menguatkan imankepada Allah. Sikap istiqamah ini akan membuat hidup Anda merasa tenang dan tentram sekaligus dapat menjaga mutu keimanan Anda.

“Sesungguhnya orang-orang yang berkata Tuhan kami adalah Allah kemudian dia beristiqamah dengan perkataannya, maka malaikai-malaikat akan turun kepada mereka dan berkata: “janganlah kamu takut dan sedih, berilah kabar gembira dengan surga yang dijanjikan.”  [QS. al-Ahqaf (46): 13]

Menjaga kesucian diri dengan menjauhi maksiat

Maksiat menjadi penyebab kendornya iman seseorang. Untuk itu, wajib bagi Anda untuk menghindari maksiat sebagai salah satu cara menguatkan imanAnda. Godaan melakukan maksiat sangatlah kuat di dunia ini. Karena itu, Anda harus benar-benar menjaga tangan, kaki, mata, telinga, lidah, dan anggota tubuh yang lainnya untuk tidak bergerak melakukan kemaksiatan.

Membangun relasi dengan orang-orang sholeh

Kualitas iman seseorang sangat dipengaruhi oleh teman-teman dekatnya. Untuk itu, penting bagi Anda untuk selalu bersikap cerdas dan bijak dalam memilih teman. Sikap selektif memilih teman ini termasuk dalam salah satu cara menguatkan iman Anda.

“Wahai celaka aku, sekiranya aku dulu tidak menjadikan fulan sebagai teman akrabku”[QS. al-Furqan (25): 28]“Kualitas agama seseorang itu bisa dilihat dari teman akrabnya, maka hendaklah di antara kalian memperhatikan kepada siapa dia berteman.” [HR. Ahmad]

Rajin berdoa dan beribadah

Rajin berdoa dan beribadah juga merupakan salah satu cara menguatkan iman Anda kepada Allah. Sebagai seorang muslim, wajib bagi Anda untuk menunaikan ibadah shalat wajib maupun sunnah yang diiringi dengan doa kepada Allah. Dalam berdoa, sebaiknya Anda berdoa menurut ajaran Allah dan Rasul-Nya. Berikut beberapa jenis doa dari Alquran maupun as-Sunnah yang dapat memperkuat iman Anda.

Motivasi dan semangat, Mengabdi kepada Allah.