Rasa takut merupakan sifat orang bertaqwa, sekaligus merupakan bukti iman kepada Allah Swt. Rasa takut ini akan semakin meningkat seiring dengan meningkatnya pengetahuan tentang Rabb-nya. Sebutkan macammacam rasa takut menurut menurut Imam al-Ghazali!​

Posted on

Rasa takut merupakan sifat orang bertaqwa, sekaligus merupakan bukti iman kepada Allah Swt. Rasa takut ini akan semakin meningkat seiring dengan meningkatnya pengetahuan tentang Rabb-nya. Sebutkan macammacam rasa takut menurut menurut Imam al-Ghazali!​

Jawaban Terkonfirmasi

Macam-macam rasa takut menurut menurut Imam al-Ghazali :

  1. Rasa takut apabila tidak diterimanya pertaubatan
  2. Takut tidak bisa istiqamah dalam melakukan beramal saleh.
  3. Takut akan terbawa oleh hawa nafsu.
  4. Takut tertipu oleh gemerlap keindahan duniawi.
  5. Takut terperosok kedalam jurang kemaksiatan
  6. Takut atas siksaan kubur.
  7. Takut terjebak kedalam kesibukan yang bisa membuat lalai dari Allah Swt.
  8. Takut apabila menjadi sombong sebab memperoleh banyak nikmat dari Allah Swt.
  9. Takut mendapat siksaan dunia.
  10. Takut tidak bisa masuk surga serta tidak bisamendapatkan nikmat surga.

Pembahasan :

         Dalam Islam terdapat dua istilah dapat digunakan untuk menggambarkan rasa takut, yaitu: khauf dan khasyah. Singkatnya, Kauf adalah ketakutan yang didasarkan pada ketidaktahuan, dan Kashaf adalah ketakutan yang muncul dari pemahaman yang mendalam tentang ketidakberdayaan manusia di hadapan Allah.

        Kauf adalah ketakutan akan sakit hati atau getaran jiwa untuk memprediksi pecahnya sesuatu yang tidak menyenangkan dan tidak pasti di masa depan. Oleh karena itu, Kauf adalah pemahaman paling umum tentang ketakutan dan dimiliki oleh semua orang. Ini adalah ketakutan akan akar dan penyebab manusia dalam ketidaktahuan manusia akan semua masalah duniawi. Contoh kauf dalam kehidupan sehari-hari. Setidaknya beberapa contoh yang  pernah kita alami adalah  takut terlambat  ke sekolah, janji temu, bekerja, melupakan hal-hal penting, dan menabrak sesuatu saat belajar mengemudi.

        Khasyaf adalah ketakutan yang berakar pada pengetahuan tentang kebesaran Allah. Ketakutan ini muncul dari kemahakuasaan Allah dan betapa  tidak berdayanya kita sebagai manusia baginya. Perasaan ini juga datang dari mengetahui bahwa Tuhan memiliki kendali penuh atas hidup kita dan bahwa tidak ada  yang dapat kita lakukan di hadapan martabat-Nya.

        Kauf, kita masih bisa melawan ketakutan itu. Kita dapat mencoba segalanya sendiri untuk mencegah ketakutan terjadi atau meminimalkan dampaknya. Namun, ini tidak dapat dilakukan dengan cara khasyaf. Keistimewaannya adalah dia membuat kita patuh pada semua perintahnya dan membuatnya melaksanakannya. Juga, tidak ada  keberanian atau keinginan untuk memberontak. Khasyaf meyakinkan kita bahwa perasaan itu adalah bagian dari ibadah dan bukti ketaatan kita kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Tak hanya itu, Kashaf mendekatkan kita  dan meminta perlindungan darinya.

Pelajari Lebih Lanjut

Detail Jawaban

Kelas : 12

Mapel : Agama

Bab : 6 – Meraih Kasih Allah dengan Ihsan

Kode : 12.14.6

#AyoBelajar #SPJ2