Apakah pariwisata termasuk kegiatan ekonomi yang penting? jelaskan!​

Posted on

Apakah pariwisata termasuk kegiatan ekonomi yang penting? jelaskan!​

Jawaban:

penting , karena pariwisata di nilai dapat mengembangkan perekonomian masyarakat di sekitar wisata. Dan juga pariwisata menjadi aset yang sangat penting bagi suatu daerah untuk meningkatkanbperekonomian di daerah tersebut.

Penjelasan:

source: Brainly

Yak, sangat sangat penting sekali,

Komponen utama pada industri pariwisata adalah daya tarik wisata berupa destinasi, atraksi wisata dan kuliner daerah. Sementara komponen pendukungnya, mencakup industri-industri dalam bidang transportasi, penginapan, perbankan, dan lain sebagainya. Semuanya dapat dipacu dari industri pariwisata. Terlebih dengan fasilitas yang ditawarkan di era modern seperti ini justru pariwisata menjadi lahan yang sangat menjanjikan karena sektor ini memberikan multiplier effect yang tinggi. Apabila kita jabarkan beberapa masalah social ekonomi dapat berkurang dengan perbaikan dalam sektor pariwisata.

Pertama, dapat meningkatkan lapangan usaha. Sektor pariwisata menawarkan beberapa jenis pekerjaan yang memungkinkan warga lokal untuk memanfaatkan kesempatan ini. Lapangan usaha yang tumbuh pesat untuk memenuhi kebutuhan wisatawan cukup luas diantaranya, penginapan, transportasi, pemandu pariwisata (tour guide), cinderamata, pusat pembelanjaan, penukaran uang asing (money changer) dan atraksi kesenian lokal. Meningkatkan lapangan usaha dapat dimanfaatkan maka semakin luas lapangan kerja sehingga keuntungan ke dua yang kita dapatkan berupa berkurangnya angka pengangguran.

Kedua,meningkatkan pendapatan daerah dan pemerintah, berupa belanja wisatawan domestik maupun manca negara. Pendapatan yang dibelanjakan akan meningkatkan penerimaan negara pada sektor pajak baik itu pajak pertambahan nilai yang diterima oleh pemerintah atau pajak yang nantinya diterima oleh pemerintah daerah seperti pajak hotel, pajak restoran dan pajak hiburan.