Pulau Jawa :

Posted on

Luas :
Batas :
A:Laut:
B:Dataran :
Nama2 Pantai Dan Laut :
Nama2 Dataran Rendah :
Nama2 Gunung :
Tolong Dijawab Pliss Besok DiKumpulkan :(​

Pulau Jawa :

Pulau Jawa : Pulau Jawa (bahasa Jawa: ꦗꦮ, translit. Jåwå, Jawi: جاوا, Pegon: جاوه, Hanzi: 爪哇, Arab: جاوة‎, bahasa Hindi: जावा, bahasa Tamil: ஜாவா, bahasa Sunda: ᮏᮝ, bahasa Madura: Jhâbâh, bahasa Bali: ᬚᬯ) adalah sebuah pulau di Indonesia dan merupakan pulau terluas ke-13 di dunia. Dengan jumlah penduduk sekitar hampir 160 juta, pulau ini pulau berpenduduk terbanyak di dunia dan merupakan salah satu tempat terpadat di dunia. Meskipun hanya menempati urutan terluas ke-5, Pulau Jawa dihuni oleh 60% penduduk Indonesia. Angka ini turun jika di bandingkan sensus penduduk tahun 1905 yang mencapai 80,6% dari seluruh penduduk Indonesia penurunan penduduk di Pulau Jawa secara persentase diakibatkan perpindahan penduduk (transmigrasi) dari pulau Jawa ke seluruh Indonesia. Ibu kota Indonesia, Jakarta, terletak di Jawa bagian Barat Laut.

Luas : 138.793,6 km² (53.588,5 mil²)

Batas :

a. Batas Laut : Perairan yang mengelilingi pulau ini ialah Laut Jawa di utara, Selat Sunda di barat, Samudera Hindia di selatan, serta Selat Bali dan Selat Madura di timur.

b. Daratan : Jawa bertetangga dengan Sumatra di sebelah barat, Bali di timur, Kalimantan di utara, dan Pulau Natal di selatan.

Nama2 Pantai Dan Laut :

– pantai pangandaran, pantai selatan, panti panarukan, pntai anyar dll.

– laut selatan dan laut jawa

Nama2 Dataran Rendah : semua jenis pantai di pulau ini

Nama2 Gunung : gunung semeru, bromo, kelud, arjuna, dll