Apa manfaat berkomunikasi dengan penggunaan bahasa yang tepat

Posted on

Apa manfaat berkomunikasi dengan penggunaan bahasa yang tepat

Beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dalam menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, yaitu : 

1. Melestarikan bahasa Indonesia.Ya tentu saja karena Bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan untuk Bangsa Indonesia. Dari Sabang sampai Marauke, di sekolah sekolah pasti memiliki mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk memudahkan kita berkomunikasi.

2. Meningkatkan rasa nasionalisme. Semakin kita mempelajari Bahasa Indonesia maka kita juga akan semakin tahu sejarah bangsa yang besar ini.

3. Mempermudah dalam berkomunikasi antar suku, ras dan daerah. Tentunya setiap daerah, setiap suku, dan ras di Indonesia memiliki bahasa nya masing masing. Lalu bagaimana kita dapat berkomunikasi dengan suku dari daerah lain? Yaitu menggunakan bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia

4. Membuat pribadi kalian menjadi pribadi yang lebih santun. Kenapa bisa begitu? Karena tutur kata penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar sangatlah halus. Ketika kita terbiasa menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, secara otomatis pribadi kita akan menjadi lebih sopan dan santun.

5. Tidak canggung (grogi). Jika Kalian berada di sebuah forum resmi, pertemuan penting, tentunya kalian tidak akan menggunakan bahasa-bahasa gaul sehari-hari kalian untuk digunakan didalamnya. Jika kalian sudah terbiasa menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, maka Kalian sudah tidak canggung lagi saat berbicara di acara resmi yang sedang Kalian hadiri.

Maaf kalo salah
Jadiin jawaban terbaik
Terima kasih

Membuat pendengar nya bisa memahami apa yang sedang dibicarakan dan melatih diri agar disiplin dalam berbicara dan akan terlihat sperti orang yang berpendidikan.

inshaallah benar.