Apa yang anda ketahui tentang mobilitas pertukaran

Posted on

Apa yang anda ketahui tentang mobilitas pertukaran

Jawaban Terkonfirmasi

Soal:

Apa yang anda ketahui tentang mobilitas pertukaran?

______________________________

Jawaban

Pendahuluan

Hai generasi milenial yang semangat belajarnya terus membara. Kali ini kita akan membahas salah satu jenis mobilitas sosial. Pertanyaanya adalah “Apa yang anda ketahui tentang mobilitas pertukaran?” Adapun mobilitas pertukaran ini adalah salah satu bentuk dari mobilitas sosial. Oke, mari kita bahas gaes!

Pembahasan

Kata mobilitas berasal dari bahasa Inggris yakni dari kata mobility yang berarti gerakan. Secara makna kata social mobility dapat diartikan gerakan yang terjadi dalam masyarakat atau gerak sosial.  

Pengertian dari mobilitas sosial yaitu suatu pergerakan sosial baik berupa pergerakan naik maupun turunnya status sosial atau tingkatan sosial individu atau kelompok dalam suatu masyarakat. Pengertian lain juga menyebutkan mobilitas sosial merupakan perubahan atau perpindahan status sosial individu atau kelompok dari satu tingkatan sosial menuju ke tingkatan sosial yang lain dalam suatu tatanan masyarakat.

Terdapat tiga jenis mobilitas sosial, yaitu mobilitas struktural, mobilitas antargenerasi, dan mobilitas pertukaran. Berikut ini penjabarannya:

• Mobilitas pertukaran, merupakan pergerakan atau perpindahan yang terjadi pada saat proporsi orang yang menaiki tangga kelas sosial sebanding dengan proporsi orang yang menuruni tangga kelas sosial. Artinya pada saat bersamaan terjadi pergerakan dimana jumlah orang yang berpindah menuju kelas sosial lebih tinggi sebanding dengan jumlah orang yang berpindah menuju kelas sosial lebih rendah.  

Contoh: penggunaan teknologi dalam bidang industri. Ketika teknologi berupa mesin-mesin digunakan di pabrik misalnya, tentu saja kinerja mesin lebih efektif dan juga efekif sehingga para pengusaha akan semakin diuntungkan dan status sosial bisa menanjak. Namun pada saat bersamaan banyak buruh pabrik yang kerjanya digantikan oleh mesin mengalami kemerosotan pendapatan dan status sosial pun semakin menurun.  

• Mobilitas antagenerasi, merupakan pergerakan atau perubahan sosial yang terjadi antar generasi, dari satu generasi menjadi generasi lain. Contoh: perubahan generan generasi dari seorang anak kecil, tentu saja saat masih kecil berada di kelas sosial yang berbeda dengan orang tuanya jika ditinjau dari segi ekonomi. Semakin anak tersebut tumbuh dewasa maka akan terjadi perubahan kelas sosial.  

• Mobilitas struktural, merupakan pergerakan atau perubahan yang terjadi akibat adanya perubahan dari persebaran status-status sosial yang ada dalam kehidupan suatu masyarakat.

Kesimpulan  

Jadi kesimpulannya, Mobilitas pertukaran, merupakan pergerakan atau perpindahan yang terjadi pada saat proporsi orang yang menaiki tangga kelas sosial sebanding dengan proporsi orang yang menuruni tangga kelas sosial.

Pelajari Lebih Lanjut  

Baca tentang “Jelaskan perbedaan dengan disertai contoh mobilitas sosial naik dan mobilitas sosial turun” di sini ya brainly.co.id/tugas/11700943

Baca tentang “Jelaskan perbedaan mobilitas vertikal dan mobilitas horizontal “ di sini ya brainly.co.id/tugas/12019825

Baca juga tentang “Jelaskan saluran mobilitas sosial menurut Piritim A. Sorokin” di sini ya brainly.co.id/tugas/13072177

Semangat belajarnya gaes!

———————————————————————————-

Detail Jawaban

Kelas  : VIII

Pelajaran  : IPS Geografi

Kategori  :  Bab 4 – Mobilitas Sosial

Kata kunci  : Mobilitas sosial, mobilitas pertukaran

Kode  : 8.8.2004