Jelaskan teori evolusi dalam sosiologi!​

Posted on

Jelaskan teori evolusi dalam sosiologi!​

PEMBAGIAN TEORI EVOLUSI DALAM ILMU SOSIOLOGI.

  1. Unilinear Theories of Evolution.
  2. Universal Theories of Evolution.
  3. Multilined Theories of Evolution.

Pembahasan

Pada dasarnya, Teori Evolusi berpijak pada perubahan yang memerlukan proses yang cukup panjang. Dalam proses tersebut, terdapat beberapa tahapan yang harus dilalui untuk mencapai perubahan yang diinginkan. Ada bermacam-macam teori tentang evolusi. Teori tersebut yakni adalah Unilinear Theories of Evolution, Universal Theories of Evolution, Multilined Theories of Evolution.

1. Unilinear Theories of Evolution

Teori ini berpendapat bahwa manusia dan masyarakat termasuk kebudayaannya akan mengalami perkembangan sesuai dengan tahapan-tahapan tertentu dari bentuk yang sederhana sampai ke bentuk kompleks yang akhirnya sempurna. Pelopor teori ini antara lain Auguste Conte dan Herbert Spencer.

2. Universal Theories of Evolution

Teori ini menyatakan bahwa perkembangan masyarakat tidak perlu melalui tahap-tahap tertentu yang tetap. Kebudayaan manusia telah mengikuti suatu garis evolusi tertentu. Menurut Herbert Spencer, prinsip teori Universal Theories of Evolution adalah bahwa masyarakat merupakan hasil perkembangan dari kelompok homogen menjadi kelompok yang heterogen.

3. Multilined Theories of Evolution

Teori ini lebih menekankan pada penelitian terhadap tahap-tahap perkembangan tertentu dalam evolusi masyarakat. Misalnya mengadakan mata pencaharian dari sistem berburu ke sistem pertanian menetap dengan menggunakan pemupukan dan pengairan.

Pelajari Lebih Lanjut

Pengertian Perubahan Sosial – brainly.co.id/tugas/13642283

Detail Jawaban

Mapel : Sosiologi

Kelas : 10 SMA

Bab : 4 – Dinamika Kehidupan Sosial

Kata kunci : Teori Evolusi dlm Sosiologi

Kode Mapel : 20

Kode Kategorisasi : 10.20.4