Dampak negatif akibat interaksi antara desa dengan kota

Posted on

Dampak negatif akibat interaksi antara desa dengan kota

Listrik di desa semakin berkurang maaf kalo salah?

Dampak Interaksi Bagi Desa

Interaksi antara dua atau lebih daerah yang berbeda akan berpengaruh pada masing-masing wilayah sehingga hal ini akan memicu terjadinya perubahan. Seberapa besar perubahan yang terjadi tergantung dari jarak, jumlah penduduk dan berbagai faktor pendukung lainnya seperti sarana transportasi komunikasi, listrik dan lain-lain.
Dampak Negatif Bagi Desa

Modernisasi kota telah melunturkan orientasi pertanian yang menjadi poko kehidupan mereka, misal : budaya kontes kecantikan, peragaan busana dan foto model.

Siaran televisi yang bissa ditangkap dipelosok desa bisa meningkatkan konsumerisme dan kriminalitas. Penduduk desa dengan mudah meniru iklan dan tindak kejahatan dalam film atau sinetron yang ditayangkan ditelevisi.

Pengurangan tenaga produktif bidang pertanian di desa, karena banyak tenaga muda yang lebih tertarik bekerja di kota. Mereka beranggapan di kota banyak kesempatan kerja dengan nilai upah yang lebih tinggi. Akibatnya didesa hanya tinggal orang tua dan anak-anak yang tidak produktif.

Perubahan tata guna lahan diperdesaan akibat perluasan wilayah kota dan banyak orang kota membeli lahan diwilayah perbatasan desa-kota. Tindakan orang kota ini menyebabkan lahan di perbatasan desa-kota berubah menjadi pemukiman atau bangunan lain.

Tata cara dan kebiasan yang menjadi budaya kota telah masuk ke pelosok desa dan cenderung mengubah budaya desa. Banyak kebudayaan kota yang tidak sesuai dengan kebudayaan atau tradisi desa, sehingga sering menimbulkan masalah dalam kehidupan masyarakat desa.

Ketersediaan bahan pangan yang berkurang, peningkatan pengangguran dan pencemaran lingkungan menjadi masalah penting akibat interaksi desa-kota.

Dampak Interaksi Bagi Kota

Urbanisasi ialah salah satu bentuk dari interaksi desa-kota. Menurut Hope Tisdale Eldrige ( 1956 ) pengertian urbanisasi ialah sebuah proses perpindahan penduduk ke kota atau dari daerah permukiman padat. Istilah urbanisasi juga digunakan untuk mendeskripsikan perubahan kelompok sosial yang terjadi sebagai akibat konsentrasi manusia. Urbanisasi bisa juga berarti proses perubahan daerah desa menjadi daerah kota. Pengertian urbanisasi tersebut menunjukkan bahwa penduduk desa lebih mengenal kota. Banyak penduduk desa yang meninggalkan daerahnya dan pindah ke kota terdekat, sebagian dari mereka bekerja di kota tetapi bertempat tinggal di desa.

Dampak Negatif Bagi Kota

Jumlah penduduk desa yang pergi kekota tanpa keahlian menimbulkan permasalahan bagi daerah perkotaan yaitu semakin meningkatnya jumlah pengangguran dan penduduk miskin.

Penduduk dengan pendapatan rendah kesulitan mencukupi kebutuhan hidupnya seperti sandang, pangan, papan, kesehatan, pendidikan, hiburan dan lain-lain.

Nilai lahan diperkotaan yang mahal, memaksa warga menggunakan lahan atau tempat yang tidak layak untuk permukiman misal : dibataran sungai, pinggiran rel kereta api, kuburan dan kolong jembatan. Umumnya permukiman yang terbentuk ialah permukiman kumuh. Menurut para geografi, wilayah perkampungan kumuh memiliki empat ciri khas yaitu :
1. tidak tersedia air bersih untuk diminum.
2. Tidak ada saluran pembuangan air.
3. Penumpukan sampah dan kotoran.
4. Serta akses ke luar perkampungan yang sulit.

Terjadi degradasi kualitas lingkungan, peningkatan jumlah penduduk kota yang pesat mendorong pembangunan rumah-rumah diwilayah kota. Permukiman baru muncul dikota-kota seperti di Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Balikpapan dan Makassar. Pertumbuhan permukiman yang sangat cepat diperkotaan sangat berpengaruh terhadap penurunan atau degradasi kualitas lingkungan.