Salah satu dampak penggunaan pestisida secara berlebihan adalah

Posted on

Salah satu dampak penggunaan pestisida secara berlebihan adalah

Jawaban:

1. menurunkan kesuburan tanah dan mencemari air

2. pestisida kimia menyebabkan resistensi OPT

3.pertumbuhan tanaman tidak normal

4. pestisida kimia meninggalkan residu pada tanaman

Penjelasan:

1.menurunnya kesuburan tanah dan mencemari air.

bahan kimia yang terserap tanaman dan sisa tanaman yang diuraikan oleh mikroba tanah pun masih akan meninggalkan Zat kimia dalam tanah. lambat lain zat kimia tersebut akan mengurangi kesuburan tanah karna membunuh mikroorganisme bermanfaat serta menghalangi penguraian unsur hara dalam tanah.

2.pestisida kimia menyebabkan resistensi OPT.

resistensi adalah sifat kebal terhadap bahan tertentu yang diperoleh OPT dari kemampuan adaptasi dan evolusi untuk mempertahankan hidup dari paparan zat kimia. resistensi hanya terjadi pada penggunaan pestisida kimia Saja dan tidak terjadi pada penggunaan pestisida organik.

3. pertumbuhan tanaman tidak normal.

penggunaan pestisida kimia berlebihan tidak hanya menyebabkan tanaman rusak terapi membuat pertumbuhan tanaman menjadi tidak normal. kondisi seperti kerdil, bercak pada daun, buah banyak yang rusak dan juga adanya perubahan warna pada daun tidak hanya disebabkan oleh kurangnya nutrisi pada tanaman tersebut tetapi bisa juga disebabkan karena penggunaan pestisida yang berlebihan.

4. pestisida kimia meninggalkan residu pada tanaman.

sisa pestisida kimia ini masih akan tertinggal dalam jangka waktu yang lama didalam tanaman hingga masa panen tiba. bahkan jika residu pestisida masih menempel dibuah atau sayuran ketika dikonsumsi, maka akan membahayakan kesehatan manusia