Masalah Transportasi dapat diselesaikan dengan Linear Programming. Namun, kenapa tidak direkomendasikan untuk digunakan?

Posted on

Masalah Transportasi dapat diselesaikan dengan Linear Programming. Namun, kenapa tidak direkomendasikan untuk digunakan?

Jawaban:

Metode Transportasi adalah suatu metode yang digunakan untuk mengatur distribusi dari sumber – sumber yang menyediakan produk – produk yang sama di tempat- tempat yang membutuhkan secara optimal. Alokasi produk ini harus diatur sedemikian rupa karena terdapat perbedaan biaya transportasi (alokasi) dari suatu sumber ke beberapa tujuan yang berbeda – beda dan dari beberapa sumber ke suatu tujuan juga berbeda – beda.

kenapa tidak direkomendasikan untuk digunakan  Masalah Transportasi dapat diselesaikan dengan Linear Programming karena Penerapan dalam transportasi dan masalah karena transportasi produk yang bersifat homogen dari berbagai sumber (supply) ke berbagai tempat penjualan (demand). Alokasi produk dari daerah supply ke daerah demand ini dilakukan dengan tujuan memaksimalkan laba dari penjualan produk atau alternatifnya adalah meminimalkan biaya transportasi produk.

2.       Metode NWC(North West Corner)

Merupakan metode untuk menyusun tabel  awal dengan cara mengalokasikan distribusi barang mulai dari sel yang terletak pada sudut paling kiri atas.

Aturannya                                                                                                

Pengisian sel/kotak dimulai dari ujung kiri atas.

Lokasi jumlah maksimum terbesar ( sesuai) syarat sehingg  layak untuk memenuhi permintaan.

Bergerak ke kotak sebelah kanan bila masih terdapat suplai yang  cukup.kalau tidak, bergerak  kekotak di bawahnya  sesuai demand. Bergerak terus hingga suplai habis dan demand terpenuhi.

 

 

VAM (Vogel  Approximation Method )

Metode ini lebih sederhana penggunaannya,karena tidak memerlukan closed path (salur tertutup). VAM dilakukan dengan cara mencari selisih biaya terkecil dengan biaya terkecil berikutnya untuk setiap kolom maupun baris. kemudian pilih selisih biaya terbesar dan alokasikan produk selanyak mung kin ke sel yang memiliki biaya terkecil. cara ini dilakukan secara berulang  hingga semua produk sudah dialokasikan.

 

   Metode Stepping Stone

Metode ini dalam merubah alokasi produk untuk mendapatkan alokasi produksi yang optimal menggunakan cara trial and error atau coba – coba. Walaupun merubah alokasi dengan cara coba- coba, namun ada syarat yang harus diperhatikan yaitu dengan melihat pengurangan biaya per unit yang lebih besar dari pada penambahan biaya per unitnya. Untuk mempermudah penjelasan, berikut ini akan diberikan sebuah contoh. Suatu perusahaan mempunyai tiga pabrik di W, H, O.  Dengan  kapasitas produksi tiap bulan masing- masing 90 ton, 60 ton, dan 50 ton; dan mempunyai tiga gudang penjualan di A, B, C dengan kebutuhan tiap bulan masing- masing 50 ton, 110 ton, dan 40 ton.  Biaya pengangkutan setiap ton produk dari pabrik W, H, O ke gudang A, B, C adalah sebagai berikut:

 

Tentukan alokasi hasil produksi dari pabrik – pabrik tersebut ke gudang – gudang penjualan dengan biaya pengangkutan terendah.

 

Metode transportasi MODI (Modified Distribution Method)

salah satu metode transportasi untuk mencari solusi akhir (Terminal Solution).

Metode MODI mirip dengan metode Stepping Stone karena keduanya sama-sama mencari solusi akhir dari model transportasi agar mendapatkan biaya minimum.

Sehingga, jika persoalan transportasi yang sama baik dikerjakan dengan metode MODI maupun metode Stepping Stone hasil akhirnya akan tetap sama.

 

Yang membedakan hanyalah cara pengerjaannya.

Sebelum dapat mencari solusi akhir (biaya minimum) baik dalam metode transportasi MODI maupun Stepping Stone, diperlukan dicari atau dihitung terlebih dahulu solusi awal (initial solution nya)

Metode MODI atau dikenal juga metode potensial (metode U-V) ini melakukan evaluasi dari suatu lokasi transportasi secara matriks.Matriks asli dari transportasi dinyatakan dengan cij, matriks antara yang akan dijelaskan dinyatakan dengan Zij, sedangkan matriks evaluasi dinyatakan dengan Dij.