menagapa SI dalam waktu singkat mendapatkan simpati dari masyarakat indonesia dan memiliki anggota yang sangat banyak?

Posted on

menagapa SI dalam waktu singkat mendapatkan simpati dari masyarakat indonesia dan memiliki anggota yang sangat banyak?

Jawaban Terkonfirmasi

Ada beberapa hal menagapa SI dalam waktu singkat mendapatkan simpati dari masyarakat indonesia dan memiliki anggota yang sangat banyak. Di antaranya adalah:

  • Serikat Islam terbuka bagi semua golongan
  • Serikat Islam berpolitik untuk memperjuangkan kebenaran dan keadilan
  • Serikat Islam membela kepentingan rakyat pribumi yang menderita karena penjajahan
  • Serikat Islam dipimpin oleh tokoh-tokoh yang dihormati, seperti alim ulama dan kiai-kiai
  • Agama Islam dianut oleh mayoritas bangsa Indonesia.

Pembahasan

Organisasi Sarekat Dagang Islam dirintis oleh Haji Samanhudi di Surakarta pada 16 Oktober 1905, Tujuan awal untuk menghimpun para pedagang pribumi Muslim agar dapat bersaing dengan pedagang-pedagang besar asing (Khususnya Tionghoa).

Pada masa itu, pedagang-pedagang keturunan Tionghoa tersebut telah lebih maju usahanya dan memiliki hak dan status yang lebih tinggi dari pada penduduk Hindia Belanda lainnya.

Perubahan nama SI diberlakukan pada masa Tjokroaminoto pada tahun 1910. Perubahan nama ini menggantikan nama Sarekat Dagang Islam menjadi Sarekat Islam. Latar belakang dari perubahan ini adalah agar organisasi ini tidak hanya mampu untuk bergerak dalam bidang ekonomi, tetapi juga bergerak dalam bidang lain, yang salah satunya adalah politik.

Pada tahun 1910, Tirtoadisuryo mendirikan lagi organisasi semacam itu di Buitenzorg. Demikian pula, di Surabaya H.O.S. Tjokroaminoto mendirikan organisasi serupa tahun 1912. Tjokroaminoto masuk SI bersama Hasan Ali Surati, seorang keturunan India, yang kelak kemudian memegang keuangan surat kabar SI yakni Oetoesan Hindia.

Seperti yang dibahas sebelumnya, Tjokroaminoto yang kemudian dipilih menjadi pemimpin, dan mengubah nama SDI menjadi Sarekat Islam (SI). Pada tahun 1912, oleh pimpinannya yang baru Haji Oemar Said Tjokroaminoto, nama SDI diubah menjadi Sarekat Islam (SI). Hal ini dilakukan agar organisasi tidak hanya bergerak dalam bidang ekonomi, tetapi juga dalam bidang lain seperti politik. Jika ditinjau dari anggaran dasarnya,

Seiring berjalannya waktu. SI kemudian terpecah menjadi dua, yakni Si Merah dan Si Putih, Sosialisme pada masa itu mendapat tempat di dalam Sarekat Dagang Islam, dan menjadi "si merah SDI". SDI merah dan ISDV atau Partai Sosialis-demokrat Hindia Belanda yang didirikan oleh Sneevliet, melebur menjadi sebuah partai yang bernama PKH atau Perserikatan Komunis di Hindia, kemudian menjadi PKI yang kita kenal dengan nama Partai Komunis Indonesia.PKI merupakan salah satu bagian di dalam pergerakan nasional, yang membawa masyarakat untuk bersatu

Tujuan dari Sarekat Islam adalah:

  1. Mengembangkan jiwa dagang. Membantu anggota-anggota yang mengalami kesulitan dalam bidang usaha. Artinya bahwa penduduk pribumi muslim mampu bersaing dengan pedagang-pedagang besar asing (Khususnya Tionghoa). Pada masa itu, pedagang-pedagang keturunan Tionghoa tersebut telah lebih maju usahanya dan memiliki hak dan status yang lebih tinggi dari pada penduduk Hindia Belanda lainnya.
  2. Memajukan pengajaran dan semua usaha yang mempercepat naiknya derajat rakyat.
  3. Memperbaiki pendapat-pendapat yang keliru mengenai agama Islam.
  4. Hidup menurut perintah agama.

SI tidak membatasi keanggotaannya hanya untuk masyarakat Jawa dan Madura saja. Tujuan SI adalah membangun persaudaraan, persahabatan dan tolong-menolong di antara muslim dan mengembangkan perekonomian rakyat.

Keanggotaan SI terbuka untuk semua lapisan masyarakat muslim.  Pada waktu SI mengajukan diri sebagai Badan Hukum, awalnya Gubernur Jendral Idenburg menolak. Badan Hukum pada masa itu hanya diberikan pada SI lokal.

Walaupun dalam anggaran dasarnya tidak terlihat adanya unsur politik, tetapi dalam kegiatannya SI menaruh perhatian besar terhadap unsur-unsur politik dan menentang ketidakadilan serta penindasan yang dilakukan oleh pemerintah kolonial. Artinya SI memiliki jumlah anggota yang banyak sehingga menimbulkan kekhawatiran pemerintah Belanda.

Seiring dengan perubahan waktu, akhirnya SI pusat diberi pengakuan sebagai Badan Hukum pada bulan Maret tahun 1916. Setelah pemerintah memperbolehkan berdirinya partai politik, SI berubah menjadi partai politik dan mengirimkan wakilnya ke Volksraad tahun 1917.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang Tujuan berdirinya sarekat islam?  brainly.co.id/tugas/809722
  2. Materi tentang Ketua organisasi serekat islam  brainly.co.id/tugas/5491339
  3. Materi tentang Ketua organisasi serekat islam  brainly.co.id/tugas/5491339

========================

Detil Jawaban

Kode          : 11.3.1

Kelas          : 11 SMA

Mapel         : Sejarah

Bab             : Pergerakan nasional

#AyoBelajar