Jelaskan secara singkat perkembangan agama hindu fi indonrsia

Posted on

Jelaskan secara singkat perkembangan agama hindu fi indonrsia

Jawaban Terkonfirmasi

Agama Hindu di Indonesia berkembang sangat pesat. Masyarakat Nusantara yang pada awalnya menganut animisme dan dinamisme perlahan memeluk agama Hindu setelah bangsa India masuk ke Nusantara untuk berdagang. Perkembangan agama Hindu juga terlihat dengan berdirinya kerajaan-kerajaan Hindu di Indonesia.

Penjelasan:

Agama Hindu masuk di Indonesia pada tahun 78 Masehi. Hal ini dibuktikan dengan tulisan dalam prasasti peninggalan Kerajaan Kutai dan Kerajaan Tarumanegara. Sebelum agama Hindu masuk, mayoritas masyarakat Nusantara menganut kepercayaan animisme dan dinamisme. Animisme merupakan kepercayaan terhadap pemujaan roh nenek moyang yang telah meninggal, sedangkan dinamisme merupakan kepercayaan terhadap pemujaan benda-benda yang dianggap memiliki kekuatan gaib.

Agama Hindu yang masuk ke Indonesia berasal dari bangsa India yang datang ke Indonesia untuk berdagang. Tidak hanya melalui perdagangan, bangsa India juga membawa agama Hindu melalui pernikahan dengan kaum pribumi.

Agama Hindu semakin berkembang seiring dengan berdirinya kerajaan-kerajaan bercorak agama Hindu. Kerajaan Hindu yang pertama kali berdiri di Nusantara yakni Kerajaan Kutai yang berpusat di Kalimantan Timur. Selain di Kalimantan, kerajaan Hindu juga berdiri di pulau Jawa, seperti Kerajaan Tarumanegara yang berpusat di Jawa Barat serta Kerajaan Kediri, Kerajaan Singosari, dan Kerajaan Majapahit yang berpusat di Jawa Timur.

Perkembangan kerajaan-kerajaan tersebut tertuang dalam prasasti peninggalan kerajaan-kerajaan tersebut. Selain prasasti, terdapat candi-candi hasil pembangunan kerajaan-kerajaan bercorak Hindu yang saat ini dikembangkan menjadi situs wisata yang harus kita lindungi.

Pelajari lebih lanjut:

  1. Teori masuknya agama Hindu ke Nusantara: brainly.co.id/tugas/10212955
  2. Kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia: brainly.co.id/tugas/393578
  3. Perkembangan Kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia: brainly.co.id/tugas/25041907

———————————————————-        

Detail jawaban  

Kelas: 10

Mapel: Sejarah

Bab: Bab 4 – Indonesia Zaman Hindu dan Buddha: Silang Budaya Lokal dan Global Tahap Awal

Kode: 10.3.4

#AyoBelajar