Alat ukur yang digunakan untuk mengukur berat zat dalam laboratorium adalah

Posted on

Alat ukur yang digunakan untuk mengukur berat zat dalam laboratorium adalah

Jawaban Terkonfirmasi

Alat ukur yang digunakan untuk mengukur berat zat dalam laboratorium adalah neraca pegas.

Pembahasan :

Berat suatu benda atau gaya berat benda (weight) dapat diartikan sebagai besarnya massa benda yang terpengaruh percepatan gravitasi di suatu tempat. Berat suatu benda termasuk dalam besaran turunan, karena terbentuk dari satuan lain, yaitu massa benda dan percepatan (terbentuk dari besaran panjang dan waktu). Berat suatu benda dihitung menggunakan neraca yang lebih spesifik, yaitu neraca pegas. Bagaimana sistem dari neraca pegas ini ?

  • Neraca pegas dibekali pegas yang dalam satu produk memiliki konstanta yang berbeda. Konstanta pegas ini juga merupakan salah satu yang memengaruhi gaya berat benda. Konstanta pegas akan diinformasikan pada setiap kemasan.
  • Neraca pegas ada yang manual dan ada yang digital, dimana gaya berat benda akan dihitung dengan rumus pada neraca pegas pegas manual, dan akan menampilkan digit angka sendirinya.

Untuk neraca pegas manual, rumus yang biasa digunakan adalah rumus persamaan hukum Hooke dimana pada konstanta pegas tertentu semakin panjang regangan pegas dalam neraca maka gaya berat berat benda semakin besar. Oleh karena itu kembali dihitung dengan :

 boxed{bold{w = k. Delta x}}

Dengan ketentuan :

  • w = gaya berat benda (N)
  • k = konstanta pegas (N/m)
  • Δx = perubahan panjang pegas (m)

Pelajari Lebih Lanjut :

Detail Soal :

Kelas : 7 dan 10

Mata Pelajaran : Fisika

Materi : Bab 1 – Besaran dan Pengukuran

Kata Kunci : Berat benda; alat ukur berat; neraca pegas

Kode Kategorisasi : 7.6.1 dan 10.6.1

#TingkatkanPrestasimu