Apa saja contoh gerak lokomotor dipermainan bola voli

Posted on

Apa saja contoh gerak lokomotor dipermainan bola voli

Jawaban Terkonfirmasi

Contoh gerak lokomotor dipermainan bola voli adalah berjalan, berlari, dan melompat.

Pembahasan

Gerak lokomotor merupakan salah satu pola gerak dasar. Gerak  dasar pada tubuh manusia adalah keterampilan gerak yang mendasari gerakan yang dilakukan oleh manusia mulai dari gerakan yang sederhan hingga gerakan yang kompleks. Gerak dasar terdiri dari tiga jenis, yakni gerak lokmotor, gerak non lokomotor, dan gerak manipulatif. Berikut penjelasan dari ketiga gerak tersebut.

1. Gerak lokomotor.

Gerak lokomotor merupakan gerakan memindahkan tubuh kemana saja. Maksudnya gerak lokomotor adalah gerakan yang dilakukan oleh manusia dan ditandai dengan perpindahan tempat. Gerak lokomotor merupakan gerak dasar yang sering digunakan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Contoh dari gerak lokomotor adalah berjalan, berlari, melompat, dan berguling. Dalam dunia olahraga gerak lokomotor hampir terdapat pada seluruh cabang olahraga seperti permainan bola voli, sepak bola, basket, bulu tangkis, dan lain-lain.

2. Gerak non lokomotor.

Gerak non lokomotor merupakan gerakan stabil atau gerakan yang dilakukan tanpa adanya perpindahan tempat. Contoh dari gerak non lokomotor adalah membungkuk, memutar kepala, memutar sendi tangan dan sendi kaki, dan menggoyangkan pinggul. Dalam dunia olahraga, gerak non lokomotor biasa digunakan untuk melakukan pemanasan dan pendinginan.

3. Gerak manipulatif.

Gerak manipulatif adalah gerak yang dilakukan dengan menggunakan alat bantu. Gerak manipulatif merupakan salah satu dasar dalam melakukan keterampilan skil. Contoh dari gerak manipulatif adalah menangkap, melempar, dan memukul. Dalam dunia olahraga, gerak manipulatif terdapat pada beberapa olahraga seperti kasti, rounders, bulu tangkis, dan sepak bola.

Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang kombinasi gerak lokomotor, gerka non lokomotor, dan gerak manipulatif pada permainan rounders brainly.co.id/tugas/19563814

—————————–

Detil jawaban

Kelas: 7 SMP

Mapel: Penjaskes

Bab: Bab 7 – Aktivitas Gerak Bersama

Kode: 7.22.7

Kata Kunci: gerak lokomotor, permainan bola voli.