Contoh billigerent dan insurgent

Posted on

Contoh billigerent dan insurgent

Jawaban:

Insurgent :

Gerakan Taliban adalah gerakan nasionalis Islam Sunni pendukung Pashtun yang secara efektif menguasai hampir seluruh wilayah Afganistan sejak 1996 sampai 2001.

Kelompok Taliban dibentuk pada tahun 1994 mendapat dukungan dari Amerika Serikat dan Pakistan. Dewan Keamanan PBB mengecam tindakan kelompok ini karena kejahatannya terhadap warga negara Iran dan Afghanistan. Taliban melakukan berbagai aksi pelanggaran HAM di Afghanistan.

Kelompok ini mendapat pengakuan diplomatik hanya dari tiga negara: Uni Emirat Arab, Pakistan, dan Arab Saudi, serta pemerintah Republik Chechnya Ichkeria yang tidak diakui dunia. Anggota-anggota paling berpengaruh dari Taliban, termasuk Mullah Mohammed Omar, pemimpin gerakan ini, adalah mullah desa (pelajar yunior agama Islam), yang sebagian besar belajar di madrasah di Pakistan. Gerakan ini terutama berasal dari Pashtun di Afganistan, serta Provinsi Perbatasan Barat Laut (North-West Frontier Province, NWFP) di Pakistan, dan juga mencakup banyak sukarelawan dari Arab, Eurasia, serta Asia Selatan.

Pemerintahan Taliban digulingkan oleh Amerika Serikat karena dituduh melindungi pemimpin Al Qaeda Osama Bin Laden yang juga dituduh Washington mendalangi serangan terhadap menara kembar WTC, New York pada tanggal 11 September 2001 bekerja sama dengan kubu Aliansi Utara. Invasi ini dimulai pada bulan Oktober sampai dengan bulan November 2001 dengan secara mengejutkan sehingga pihak Taliban langsung keluar dari ibukota Afganistan, Kabul sehingga pihak Amerika relatif cepat dan mudah menguasainya. Akan tetapi beberapa tahun setelahnya American Free Press mengungkapkan hal sebaliknya, yaitu keterlibatan CIA dan agen intelijen Israel, Mossad dalam peristiwa serangan 11 September 2001 hanyalah skenario untuk mengakuisisi negara-negara arab, dalam hal ini Irak dan Afghanistan.

Billigerent :

Palestine Liberation Organisation atau disingkat (PLO) atau dapat disebut sebagai Organisasi Pembebasan Palestina adalah sebuah organisasi Palestina yang didirikan pada tahun 1964. Tujuan utama dari PLO adalah untuk menyuarakan aspirasi rakyat Palestina dalam jumlah besar yang hidup di tenda-tenda pengungsi di Lebanon.

Sejak tahun 1967 tujuan utama dari PLO adalah dalam rangka menghancurkan negara Israel. Hal ini kemudian ditegaskan pada piagam PLO yang di buat di Kairo pada tanggal 10-17 Juli 1968 pada pertemuan Dewan Nasional Palestina, tujuan ini tertuang dalam Pasal 9 Piagam PLO.

Palestine Liberation Organisation (PLO) pada mulanya dibentuk oleh Liga Arab pada tahun 1964. Akibatnya 1964-1967, PLO sebagian besar di bawah kendali negara-negara Arab. Namun, setelah perang enam hari pada tahun 1967, negara-negara Arab mengendalikan PLO sehingga akhirnya mereka banyak kehilangan legitimasi. Akhirnya,Yasir Arafat, dari organisasi al-Fatah, mengambil keuntungan dari kekosongan kekuasaan dan terpilih menjadi Ketua PLO pada tahun 1969 hingga meninggal pada tahun 2004. Organisasi ini mengusahakan sebuah negara Palestina di antara Laut Tengah dan Yordania.

Organisasi Pembebasan Palestina atau Palestine Liberation Organisation (PLO) telah mendapat pengakuan dari dunia internasional. PLO mendapatkan status peninjau di Sidang Umum PBB pada 1974 (Resolusi Sidang Umum no. 3237). Dengan pengakuan terhadap Negara Palestina, PBB mengubah status peninjau ini sehingga dimiliki oleh Palestina pada 1988 (Resolusi Sidang Umum no. 43/177.) Pada Juli 1998, Sidang Umum menerima sebuah resolusi baru (52/250) yang memberikan kepada Palestina hak-hak dan privilese tambahan, termasuk hak untuk ikut serta dalam perdebatan umum yang diadakan pada permulaan setiap sesi Sidang Umum, hak untuk menjawab, hak untuk ikut mensponsori resolusi dan hak untuk mengajukan keberatan atau pertanyaan yang berkaitan dengan pembicaraan dalam rapat (points of order) khususnya menyangkut masalah-masalah Palestina dan Timur Tengah.

Penjelasan: