Jelaskan yang dimaksud dengan istilah mungkus pada musik iringan tari tradisional

Posted on

Jelaskan yang dimaksud dengan istilah mungkus pada musik iringan tari tradisional

Jawaban Terkonfirmasi

Dalam tari tradisional, salah satu unsur pendukung yang sanagt dibutuhkan untuk kelancaran pagelaran tari tradisional tersebut adalah iringan tari. Dalam iringan tari tradisional, pengertian dari istilah mungkus adalah jenis iringan tari yang menonjolkan garapan cengkok pada iringan karawitan yang digunakan pada iringan tari. Mungkus ini biasanya akan menggunakan beberapa alat musik sekaligus sehingga bisa menciptakan warna suara yang berbeda-beda, seperti kendang dan balungan.

Pembahasan

Tari tradisional adalah salah satu bentuk dari kesenian daerah yang ada di Indonesia dan merupakan bentuk dari karya seni tari. Berbeda dengan karya seni tari lainnya, gerak tari yang ada pada tari tradisional ini terikat pada suatu pola gerak dan aturan tertentu dan hal ini bisa terjadi karena adanya makna budaya yang mendalam pada setiap gerak tari yang ada pada tari tradisional. Ada beberapa unsur pendukung yang digunakan dalam tari tradisional dan salah satunya adalah iringan tari.

Iringan tari adalah suatu bentuk irama yang digunakan untuk mengiringi gerak tari yang dilakukan oleh para penari. Iringan tari ini akan menentukan kecepatan gerak dari para penari karena para penari akan menari sesuai dengan tempo yang ada pada iringan lagu. Salah satu istilah yang ada pada iringan tari tradisional adalah mungkus. Mungkus ini berkaitan dengan penggunaan cengkok yang ada pada alat musik tradisional. Mungkus biasanya menggunakan beberapa alat musik sekaligus sehingga setiap alat musik bisa memiliki warna suaranya masing-masing. Salah satu alat musik yang sangat sering digunakan dalam iringan tari mungkus adalah kendang yang bisa menghasilkan suara ricikan.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang unsur keindahan seni tari brainly.co.id/tugas/1698060
  2. Materi tentang unsur pendukung karya tari brainly.co.id/tugas/13596267
  3. Materi tentang pengertian gerak tari brainly.co.id/tugas/3050929

Detail jawaban

Kelas: 9

Mapel: Seni Budaya

Bab: 14 – Pagelaran Karya Tari

Kode: 9.19.14

#AyoBelajar #SPJ2