Jelaskan tujuan mempelajari ilmu fisika dalam dunia pertambangan

Posted on

Jelaskan tujuan mempelajari ilmu fisika dalam dunia pertambangan

Ilmu fisika merupakan salah satu bidang ilmu yang sangat penting dalam pertambangan 
a. pada tahap eksplorasi (pencarian bahan tambang) 
– digunakan untuk medeteksi dan prediksi volume dan sebaran mineral bahan tambang (misalnya menggunakan metoda geomagnet, geolistrik, seismik, gaya berat, georadar, dll.) 
b. pada tahap eksploitasi (penambangan) 
– bersama sama dengan disiplin ilmu lain sangat penting dalam konstruksi penambangan 
c. pada tahap pengolahan (metalurgi) 
– kimia fisik merupakan ilmu uang paling dominan pada tahapan ini

SEMOGA BENAR

Geofisika Pertambangan merupakan salah satu bidang minat Prodi Teknik Geofisika Universitas Syiah Kuala. Bidang ilmu geofisika merupakan ilmu bumi yang menggunakan prinsip-prinsip fisika dalam mempelajari bumi. Dengan mempelajari parameter-parameter fisika yang dimiliki oleh batuan penyusun bumi, dapat diketahui kondisi di bawah permukaan bumi melalui pengukuran di atas permukaan. Data hasil pengukuan ini kemudian diolah dan dianalisa lebih lanjut untuk mendapatkan informasi kondisi di bawah permukaan bumi. dalam berbagai skala dan sudut pandang berbeda, ilmu geofisika dapat diaplikasikan secara luas seperti untuk kepentingan eksplorasi mineral dan bahan tambang lainnya.

            Seluruh aspek-aspek akademik yang mendukung dalam mempelajari aplikasi ilmu geofisika untuk eksplorasi tambang yaitu bidang minat geofisika pertambangan. Hampir semua metode-metode geofisika dapat dimanfaatkan untuk eksplorasi mineral dan bahan tambang, mulai dari metode magnetik, geolistrik, gravity, seismik bahkan sampai metode elektromagnetik. Begitu juga dengan distribusi mata kuliah pada Prodi Teknik Geofisika Universitas Syiah Kuala yang terkait seperti mata kuliah Geofisika Pertambangan, Mekanika Batuan, dan Eksplorasi Geofisika.

            Fasilitas yang juga turut mendukung bidang minat geofisika pertambangan ini yaitu dengan tersedianya Laboratorium Teknik Geofisika Universitas Syiah Kuala yang memiliki keterkaitan dalam proses pembelajaran. Diantaranya Laboratorium Geofisika Reservoir dan Modeling, serta Laboratorium Geofisika Eksplorasi dan Near Surface.