Jeaskan apa yang di maksud aqiqoh itu

Posted on

Jeaskan apa yang di maksud aqiqoh itu

Pengurbanan hewan dalam syariat Islam, sebagai bentuk rasa syukur umat Islam terhadap Allah SWT. mengenai bayi yang dilahirkan. Hukum akikah menurut pendapat yang paling kuat adalah sunah muakkadah, dan ini adalah pendapat jumhur ulama menurut hadits

Pengertian aqiqah merupakan salah satu bentuk ibadah kepada Allah atas lahirnya seorang anak baik itu laki laki maupun perempuan. Dimana, aqiqah atau Al aqiqah sendiri merupakan hewan yang dikurbankan hanya kepada Allah dengan cara menyembelih hewan tersebut.

Menurut bahasa & Istilah :

Menurut bahasa aqiqah berasal dari kata ’Aqiqah berasal dari kata ’aqqu (عَقُّ) yang mempunyai arti potong. Kata potong disini terdapat dua jenis yaitu memotong dalam artian mencukur rambut bayi  yang akan diaqiqah. Kemudian, makna kata potong yang kedua adalah menyembelih hewan kurban untuk bayi yang diaqiqahkan.

Menurut islam

Aqiqah menurut islam dan sunnah terdapat beberapa penjelasan dari para sahabat dan ulama ahlusunnah. Dimana, beberapa penjelasan tentang aqiqah menurut islam:

a. Ibnul-Qayyim menukil perkataan Abu ’Ubaid bahwasannya Al-Ashmaa’iy dan lain-lain berkata :”Pada asalnya makna ’aqiqah itu adalah rambut bawaan yang ada di kepala bayi ketika lahir.” Hanya saja, istilah ini disebutkan untuk kambing yang disembelih ketika ’aqiqah karena rambut bayi dicukur ketika kambing tersebut disembelih.