Jelaskan 3 gaya penulisan teks biografi​

Posted on

Jelaskan 3 gaya penulisan teks biografi​

Jawaban:

Gaya penulisan yang ada pada teks biografi biasanya lugas, dan menggunakan bahasa semi, namun ada yang formal. Tergantung dengan pengarang menggunakan gaya bahasanya, namun harus sesuai dengan ciri-ciri dan strukturnya.

Penjelasan:

Ciri Ciri Teks Biografi

Teks biografi juga mempunyai ciri ciri khusus diantaranya mempunyai pola dan struktur yang baku terdiri dari orientasi, peristiwa, dan reorientasi, di dalam teks biografi mengandung fakta yang disajikan memakai narasi atau cerita, fakta diambil dari kejadian hidup seseorang yang dinarasikan, dan hanya dibuat untuk orang atau tokoh yang dianggap penting dan memberikan pengaruh kehidupan untuk banyak orang.

Struktur Teks Biografi

Bagian orientasi

Orientasi merupakan bagian dari struktur teks organisasi yang menjelaskan atau menerangkan mengenai pengenalan tokoh yang sedang dibahas, di dalam bagian ini berisikan tentang tokoh yang sedang diceritakan di dalam teks biografi.

Bagian kejadian / peristiwa dan masalah

Bagian kejadian atau peristiwa ini merupakan struktur teks organisasi yang bagian atau aspek di dalamnya berisi tentang kejadian sesuatu atau peristiwa yang sudah pernah terjadi oleh seseorang. Isi pada bagian ini juga termasuk tentang masalah yang pernah dihadapi untuk mendapatkan suatu tujuan dan impian di dalam kehidupan tokoh yang sedang diceritakan. Contohnya seperti masalah yang begitu menarik, mengagumkan, mengesankan dan juga menyedihkan yang pernah dialami tokoh yang sedang diceritakan di teks biografi tersebut.

Bagian reorientasi

Reorientasi merupakan struktur teks organisasi yang menjadi bagian penutup. Struktur teks biografi ini isinya mengenai pandangan dari penulis terhadap tokoh yang sedang diceritakan di dalam teks biografi tersebut. Bagian reorientasi ini mempunyai sifat yang opsional, maksudnya yaitu bagian reorientasi ini bisa dicantumkan dan juga boleh tidak dicantumkan.

Penjelasan:

Semoga membantu

Jawaban:gaya penulisa teks biografis biasanya lugas dan menggunakan bahasa semi-formal ,namun ada yang formal tergantung dengan pengarang mengunakan bahasanya namun harus sesuai dengan ciri ciri dan strukturnya

Penjelasan:maaf kalow jawabannya kurang tepat