Gerak memindah tubuh disebut juga dengan gerakan

Posted on

Gerak memindah tubuh disebut juga dengan gerakan

Jawaban Terkonfirmasi

Gerakan memindah tubuh disebut juga dengan gerakan lokomotor.

Pembahasan

Gerakan dasar adalah suatu pola gerakan yang mendasari suatu gerakan dari yang sederhana hingga gerakan yang kompleks. Pada dasarnya gerak dasar yang dimiliki manusia adalah berjalan, berlari, melompat, dan melempar. Gerak dasar yang terdapat pada manusia teridiri dari tiga jenis, yakni gerak lokomotor, gerak non lokomotor, dan gerak manipulatif.

1. Gerak lokomotor.

Gerak lokomotor adalah gerakan yang dilakukan oleh manusia dan ditandai dengan adanya perpindahan tempat dari satu tempat ke tempat yang lain. Gerak lokomotor merupakan salah satu gerakan yang penting bagi manusia untuk melakukan transportasi. Contoh dari gerakan lokomotor adalah berjalan, berlari, melompat, dan berguling.

2. Gerak non lokomotor.

Gerak non lokomotor adalah gerakan yang dilakukan oleh manusia dan ditandai dengan tidak adanya perpindahan tempat atau minim terjadinya perpindahan tempat. Contoh dari gerak nono lokomotor adalah membungkukkan badan, mengayunkan tangan, dan menganggukkan kepala.

3. Gerak manipulatif.

Gerak manipulatif adalah gerak yang dilakukan oleh manusia dengan menggunakan alat bantu seperti tongkat dan bola. Gerak manipulatif memiliki dua klasifikasi yakni receptive dan propulsive. Receptive adalah menerima suatu objek. Sedangkan propulsive adalah gerakan penerapa gaya seperti melempar, memukul, dan lain-lain.

Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang contoh variasi gerak lokomotor dan manipulatif dalam permainan sepak bola brainly.co.id/tugas/16660093

—————————–

Detil jawaban

Kelas: 7 SMP

Mapel: Penjaskes

Bab: Bab 7 – Aktivitas Gerak Bersama

Kode: 7.22.7

Kata Kunci: gerak, perpindahan, gerak dasar.