Tolong ya teman teman nomor 24 & 25

Posted on

Tolong ya teman teman nomor 24 & 25

Tolong ya teman teman nomor 24 & 25

a. Ciri-ciri Seks Sekunder pada Perempuan

1) Pinggul

Pinggul yang membesar dan membulat sebagai akibat membesarnya tulang pinngul dan berkembangnya lemak bawah kulit.

2) Payudara

Buah dada dan puting susu semakin tampak menonjol, dan dengan berkembangnya kelenjar susu, payudara menjadi lebih besar dan lebih bulat lagi.

3) Rambut

Tumbuhnya rambut di kemaluan, ketiak, lengan dan kaki, dan kulit wajah. Semua rambut, kecuali rambut wajah mula-mula lurus dan terang warnany, kemudian menjadi lebih subur , lebih kasar, dan lebih gelap dan agak keriting.

4) Kulit

Kulit menjadi lebih kasar, lebih tebal, agak pu­cat dan lubang pori-pori bertambah besar.

5) Kelenjar

Kelenjar lemak dan kelenjar keringat menjadi .lebih aktif. Sumbatan kelenjar lemak dapat menyebabkan jerawat. Kelenjar keringat di ketiak mengeluarkan banyak keringat dan baunya menusuk sebelum dan selama masa haid.

6) Otot

Otot semakin besar dan semakin kuat terutama pada pertengahan dan menjelang akhir,masa puber, sehingga memberikan bentuk pada bahu, lengan dan tungkai kaki.

7) Suara

Suara berubah dari suara kanak-kanak menjadi lebih merdu, suara serak dan suara yang pecah jarang terjadi. ( Al-migwar, 2006)

Ciri-ciri seks sekunder pada perempuan

1) Pinggul; Pinggul mulai bertambah lebar danbulat sebagai akibatmembesarnya tulang pinggul dan berkembangnya minyak bawah kulit.

2) Payudara; segera setelah pinggul mulai membesar, kelenjar susu juga berkembang, dan puting susu berkembang serta menjadi lebih bulat

3) Rambut; rambut kemaluan tumbuh setelah pinggul dan payudara berkembang