Sebutkan 7 ciri ciri makhluk hidup

Posted on

Sebutkan 7 ciri ciri makhluk hidup

  1. Berkembang biak (Reproduksi) untuk menghasilkan makhluk hidup baru
  2. Bergerak dengan kemampuan sendiri
  3. Bernafas (Respirasi) untuk mendapatkan oksigen dalam proses metabolisme
  4. Tumbuh berkembang
  5. Mengeluarkan zat sisa (Eksresi)
  6. Peka terhadap rangsangan (Iritabilitas)
  7. Makan

Pembahasan:

Tanaman, hewan, dan makhluk hidup lainya, semua memiliki ciri-ciri, yaitu:

1. Berkembang biak (Reproduksi)  

Tujuan berkembang biak adalah untuk menghasilkan individu makhluk hidup baru. Cara berkembang biak ada dua jenis yaitu secara vegetatif (tak kawin) serta secara generatif (kawin)

Tanaman berkembang biak secara vegetatif dengan spora, umbi batang, umbi lapis, tunas, akar tinggal, geragih, dan tunas adventif, serta secara generatif dengan membentuk biji hasil penyerbukan.

Sementara hewan dapat berkembang biak secara generatif dengan bertelur (ovipar) atau beranak (vivipar). Secara vegetatif, hewan dapat berkembang biak misalnya dengan membelah diri pada bintang laut.

2. Bergerak  

Bergerak adalah perpindahan tempat atau pergerakan bagian tubuh, umumnya karena adanya rangsangan. Pada hewan seperti manusia, pergerakan dilakukan dalam sistem gerak, yaitu dengan tulang rangka (alat gerak pasif) dan otot (alat gerak aktif).  

Pada tumbuhan geraknya lebih terbatas, misalnya gerak akar yang menjalar menuju sumber air di dalam tanah.

3. Bernafas (Respirasi)  

Hewan dan tanaman sama-sama bernafas untuk mendapatkan gas oksigen (O2), yang diperlukan untuk metabolisme.

Tanaman bernafas atau melakukan respirasi dengan menggunakan daun melalui mulut daun atau stomata.

Hewan air seperti ikan dan udang bernafas dengan insang, sementara hewan darat bernafas dengan paru-paru (pada hewan bertulang belakang) atau dengan trakhea (pada Anthropoda atau hewan berruas).

4. Tumbuh berkembang

Hewan tumbuh membesar dan membentuk organ yang kompleks. Tanaman tumbuh meninggi atau bercabang. Pertumbuhan ini terjadi melalui pembelahan pada jaringan meristem di pucuk batang atau cabang tanaman.

5. Mengeluarkan zat sisa (Eksresi)

Ekskresi atau pembuangan sisa membuang sisa hasil metabolisme ke luar tubuh. Sisa ini berupa gas karbon dioksida (CO2) dan zat-zat sisa lainnya. Karbon dioksida ini merupakan sisa metabolisme yang dilakukan tubuh untuk menghasilkan energi yang diperlukan dalam bergerak.

Tanaman mengeluarkan sisa melalui stomata (mulut daun), sementara hewan dapat mengeluarkan sisa metabolisme melalui kulit atau saluran kotoran.

6. Peka terhadap rangsangan (Iritabilitas)

Iritabilitas merupakan salah satu ciri makhluk hidup. Contoh iritabilitas pada tumbuhan di tujukan oleh tanaman putri malu yang peka terhadap rangsangan berupa sentuhan. Sementara pada hewan, contohnya adalah refleks mata menutup saat ada debu.

7. Makan

Hewan dan tanaman memerlukan makanan untuk sumber energi. Makanan dapat dihasilkan sendiri pada tanaman melalui fotosintesis, sehingga tanaman termasuk makhluk hidup autotrof.

Sebaliknya hewan harus mendapat makanan dengan mengkonsumsi tanaman tau hewan lain, sehingga hewan termasuk makhluk hidup heterotrof.

Pelajari lebih lanjut gerak tumbuhan di: brainly.co.id/tugas/23856182

Pelajari lebih lanjut sistem klasifikasi makhluk hidup di: brainly.co.id/tugas/10483927

Pelajari lebih lanjut iritabilitas pada tumbuhan di: brainly.co.id/tugas/9264321

————————————————————————-

Detail jawaban:

Kode: 7.4.2  

Kelas: VII

Mata pelajaran: Biologi

Materi: Bab 2 – Ciri Makhluk Hidup

#AyoBelajar