Sebutkan cara pengendalian sosial menurut jumlah yang terlibat beserta contohnya!

Posted on

Sebutkan cara pengendalian sosial menurut jumlah yang terlibat beserta contohnya!

1. Pengawasan dari Individu terhadap Individu Lain
Pengawasan dari individu terhadap individu lain ini, misalnya ada seorang ibu yang memperingatkan anaknya supaya tidak mengambil mangga di halaman tetangganya tanpa izin, berarti ibu tadi telah melakukan pengendalian sosial untuk tidak melanggar norma pada individu lain yaitu anaknya.

2. Pengawasan dari Individu terhadap Kelompok
Pengawasan dari individu terhadap kelompok ini misalnya seorang polisi lalu lintas berjaga di perempatan jalan raya untuk kelancaran lalu lintas dan keamanan pengguna jalan. Ini berarti pengendalian sosial dari individu (polisi) terhadap kelompok (pengguna jalan).

3. Pengawasan dari Kelompok terhadap Kelompok
Pengawasan dari kelompok terhadap kelompok ini misalnya: menteri kehutanan beserta jajarannya mencari jalan secara musyawarah bagaimana jalan terbaik untuk mengatasi tindakan perambah hutan yang merugikan negara dan masyarakat. Ini berarti pengendalian sosial dari kelompok (jajaran Menteri Kehutanan) terhadap kelompok (para perambah hutan).

4. Pengawasan dari Kelompok terhadap Individu
Pengawasan dari kelompok terhadap individu ini mis&lnya sebuah organisasi olah raga menindak salah satu anggotanya, bahkan sampai dikeluarkan dari perkumpulannya karena telah melanggar ketentuan perkumpulan olah raga tersebut. Ini berarti pengendalian sosial dari kelompok (organisasi olah raga) terhadap individu (salah seorang anggota organisasi).