Mengapa teori linguistik perlu dikembangkan

Posted on

Mengapa teori linguistik perlu dikembangkan

Jawaban:

1. Teori linguistik memberikan informasi tentang struktur dan fungsi sistem bahasa itu secara umum kepada guru bahasa. Hal ini memainkan peran penting dalam menentukan tujuan, isi, dan pendekatan sebuah pengajaran bahasa.

2. Teori linguistik juga memberikan suatu bahasa perantaraan kepada guru. Ini adalah universalitas bentuk seperti jenis – jenis rumusan yang berbeda dalam tatabahasa transformasi generatif (rumus penghapusan, rumus transformasi, dan sebagainya). Semua hal ini dapat dipakai oleh guru dalam pengajaran bahasa.

3. Baik secara langsung atau tidak, teori linguistik tentang pemerolehan bahasa mempengaruhi perkaedahan pengajaran bahasa, lebih – lebih lagi bagaimana bahasa diajarkan.

4. Sebuah deskripsi bahasa akan menyadarkan guru tentang struktur bahasa yang akan diajarkan, dan dengan itu dapat meningkatkan kualitas isi linguistik dalam pengajaran bahasa.

5. Deskripsi bahasa juga memberi guru suatu pengetahuan tentang unit – unit unsur seperti fonem, morfem, tagmem, dan sebagainya. Serta juga memberikan daftar struktur atau suatu sistem rumusan bagi suatu bahasa yang dapat digunakan dalam pengajarannya.

6. Suatu deskripsi bahasa memberikan satu sistem rumusan yang berentetan. Ini dapat digunakan untuk membentuk bahan mengajar. Kadang – kadang rentetan itu tidaklah perlu dituruti secara rapi.