1.jelaskan tahapan oksidasi yang dilakukan oleh tumbuhan hijau, berkaitan dengan hubungan antara metabolisme karbohidrat, protein dan lemak!

Posted on

2.jelaskan peranan dari spirograf!

Tolong dibantu ya kak, besok dikumpulkan….

1.jelaskan tahapan oksidasi yang dilakukan oleh tumbuhan hijau, berkaitan dengan hubungan antara metabolisme karbohidrat, protein dan lemak!

Jawaban Terkonfirmasi

1.Tahapan oksidasi yang dilakukan oleh tumbuhan hijau, berkaitan dengan hubungan antara metabolisme karbohidrat, protein dan lemak dapat dijelaskan sebagai berikut :

Oksidasi merupakan reaksi yang memerlukan oksigen pada tahap proses reaksinya. Biasanya kita menemukan reaksi oksidasi pada proses Respirasi Aerob.

Pada tumbuhan hijau, terjadi reaksi fotosintesis yang mengubah karbondioksida dan air menjadi oksigen dan glukosa dengan bantuan energi dari cahaya dan klorofil.

Glukosa yang kemudian menyusun karbohidrat beserta oksigen akan dipakai untuk proses pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan itu sendiri, sisa glukosa akan ditumpuk sebagai cadangan makanan dan sisa oksigen akan dilepas ke lingkungan untuk dipakai oleh makhluk hidup lain.

karbohidrat akan mengalami respirasi aerob dalam wujud glukosa.
Glukosa akan memasuki tahap Glikolisis menghasilkan Asam Piruvat, ATP dan NADH
Selanjutnya Asam Piruvat memasuki tahap Dekarboksilasi Oksidatif dan menghasilkan Asetil KoA, karbondioksida dan NADH.
Asetil KoA kemudian memasuki tahap Siklus Krebs dan menghasilkan ATP, karbondioksida, NADH dan FADH2.
tahap terakhir yaitu Sistem Transpor Elektron yang akan merubah NADH, FADH2 menjadi ATP dan oksigen berperan sebagai akseptor terakhir hidrogen.

Metabolisme protein dimulai ketika protein dipecah menjadi pepton kemudian hasil terakhiirnya yaitu asam amino.
Berbagai jenis asam amino dapat masuk sebagai substrat dalam tahap glikolisis, masuk sebagai asetil KoA, masuk sebagai substrat dalam Siklus Krebs kemudian meneruskan tahap ke Sistem Transpor Elektron dan dihasilkan ATP serta air sebagai hasil sampingannya.

Sedangkan pada metabolisme lemak, akan dipecah menjadi Asam Lemak dan Gliserol.
Asam Lemak akan memasuki Respirasi Aerob dalam bentul Asetil KoA kemudian memasuki Siklus Krebs dan dilanjutkan Sistem Transpor Elektron.
Dan Gliserol akan memasuki tahap Glikolisis sebagai Pospo Gliseraldehid kemudian meneruskan menjadi asam Piruvat, memasuki tahap Dekarboksilasi Oksidatif, kemudian Siklus Krebs dan memasuki Sistem Transpor Elektron.

Dari ketiga bahan yakni Karbohidrat, Lemak dan Protein ini, yang menghasilkan energi kalori terbanyak pada setian gram konsumsi adalah Lemak.

Diagram Keterkaitan antara metabolisme karbohidrat, lemak dan protein terlampir dalam gambar berikut:

Gambar Jawaban

Jawaban Terkonfirmasi

Begini, oksidasi adalah proses pembakaran glukosa menjadi energi yang dibantu oleh oksigen. Respirasi merupakan reaksi oksidasi senyawa organik untuk menghasilkan energi yang digunakan untuk aktifitas sel dan kehidupan tumbuhan dalam bentuk ATP atau senyawa berenergi tinggi lainnya. Jadi, respirasi merupakan proses pembongkaran molekul kompleks menjadi molekul yang lebih sederhana..

Respirasi sel-sel tumbuhan berupa oksidasi molekul organik oleh oksigen dari udara akan membentuk karbon dioksida dan air. Persamaan reaksinya adalah sebagai berikut :

C6H12O6 + 6O2  6H2O + 6CO2 + 675 kal