1. Sebutkan 3 fungsi dari rangka/tulang dan otot? 2.Jelaskan proses osifikasi tulang ? 3.Sebutkan dan jelaskan 5 sendi ? berikan contohnya ! 4. Jelaskan perbedaan otot lurik , otot polos dan otot jantung ? 5.Sebutkan dan jelaskan 4 kelainana sistem gerak serta upaya mencegahnya dan mengatasinya ?​

Posted on

1. Sebutkan 3 fungsi dari rangka/tulang dan otot? 2.Jelaskan proses osifikasi tulang ? 3.Sebutkan dan jelaskan 5 sendi ? berikan contohnya ! 4. Jelaskan perbedaan otot lurik , otot polos dan otot jantung ? 5.Sebutkan dan jelaskan 4 kelainana sistem gerak serta upaya mencegahnya dan mengatasinya ?​

Jawaban:

1. Sebutkan 3 fungsi dari rangka/tulang dan otot

Fungsi rangka/tulang

1. Sebagai pondasi tubuh kita.

2. Membantu pergerakan.

3. Memproduksi sel darah.

Fungsi otot

1. Membantu sistem peredaran darah manusia.

2. Membantu dalam proses pencernaan manusia.

3. Menjaga keseimbangan.

2.Jelaskan proses osifikasi tulang.

osifikasi adalah peristiwa/perubahan tulang rawan menjadi tulang keras. proses: -berasal dari tulang rawan ,didalamnya terbentuk rongga yang mengandung osteoblas.

3. Sebutkan dan jelaskan 5 sendi ? berikan contohnya

1. Sendi mati

2. Sendi kaku

3. Sendi gerak (sendi sinovial)

4. Sendi engsel

5. Sendi putar

Penjelasan sendi mati

Sendi mati (sinartrosis), merupakan sendi yang tidak bisa bergerak. Contohnya sendi yang terdapat pada tulang tengkorak.

Penjelasan sendi kaku

Sendi kaku merupakan bagian sendi yang bisa bergerak secara terbatas. Sendi ini berupa tulang rawan yang menyatukan antar-tulang, tanpa rongga sendi. Contoh sendi kaku adalah sendi yang mempertemukan tulang simfisis pubis pada area panggul. Bagian ini sedikit bisa digerakkan meskipun terbatas.

Penjelasan sendi gerak (sendi sinovial)

Sendi gerak (sendi sinovial)

Berbeda dengan sendi mati dan sendi kaku, sendi gerak memiliki rongga sendi dan memiliki kemampuan untuk bergerak lebih banyak. Adanya rongga, jaringan fibrosa, dan cairan pelumas (cairan sinovial) pada sendi, membuat tubuh lebih mudah bergerak.

Penjelasan sendi engsel

Sendi engsel bergerak seperti cara kerja engsel pintu. Membantu tulang bergerak searah menyerupai pintu yang dibuka-tutup. Contoh sendi engsel adalah sendi di bagian lutut dan bagian siku yang bisa membengkok (ulna).

Penjelasan sendi putar

Sendi putar

Ciri khas sendi putar adalah kemampuannya untuk menggerakkan tulang dalam gerakan memutar (rotasi) dari tulang lain. Contoh sendi putar adalah sendi di bagian leher. Sendi putar ini membuat bagian kepala bisa bergerak memutar.

4. Jelaskan perbedaan otot lurik

Otot lurik. Otot lurik juga disebut oto rangka karena melekat pada tulang (rangka) dan berfungsi menggerakan tulang yang melekat padaya. Ciri-ciri dari otot lurik yaitu berbentuk memanjang dan berinti. Letak inti berada di tepi. Cara kerja otot ini adalah sadar.

Otot polos. Ciri-ciri otot polos yaitu berbentuk gelendong dan memiliki inti satu yang berada di tengah. Otot ini tidak melekat pada rangka dan aktivitasnya lebih lambat. Otot polos bekerja secara tidak sadar dan terletak pada organ-organ saluran pencernaan, saluran pernapasan dan saluran ekskresi.

Otot jantung. Otot jantung bentuknya seperti otot lurik tetapi intinya terletak di tengah. Selain itu, perbedaannya dari otot lurik yaitu terdapat anastomosis (pengabungan) sehingga bentuknya bercabang. Otot ini bekerja secara tidak sadar dan terletak di jantung.space

5. Sebutkan dan jelaskan 4 kelainana sistem gerak serta upaya mencegahnya dan mengatasinya

1. Myasthenia gravis

Myasthenia gravis menyebabkan melemahnya otot-otot rangka pada tubuh. Penyebabnya adalah adanya gangguan komunikasi antara sel saraf dengan jaringan otot, sehingga menyebabkan gerakan tubuh melemah.

2. Ataksia disebabkan oleh kelainan pada otak kecil dan saraf tulang belakang yang memengaruhi koordinasi gerakan tubuh. Ataksia menyebabkan seseorang sulit menggerakkan tubuh dengan mulus dan lancar.

3. Chorea adalah kelainan saraf otot yang menyebabkan munculnya gerakan tubuh yang tidak disadari. Penyakit ini ditandai dengan gerakan berulang yang singkat, cepat, dan tidak terkontrol.

4. ALS merupakan penyakit degeneratif yang mengganggu fungsi otak dan saraf tulang belakang. Penderita kondisi ini bisa mengalami kesulitan dalam melakukan beberapa aktivitas, seperti berbicara, menelan, berdiri, berjalan, dan menaiki tangga. Hingga saat ini, belum ditemukan pengobatan untuk ALS.

UPAYA PENCEGAHAN DAN MENGETASINYA

1. Upaya pencegahan Myasthenia gravis

Mencegah infeksi, dengan cara mencuci tangan sebelum makan dan setelah buang air, serta menggunakan masker ketika sedang berdekatan dengan orang yang sedang sakit,Tidak melakukan aktivitas yang berat atau berlebihan,Menjaga suhu tubuh agar tidak terlalu dingin atau panas.

2. Upaya pencegahan Ataksia

Namun sayangnya, penyakit ini tidak dapat dicegah begitu saja. Hal yang harus Anda lakukan adalah dengan menjaga kesehatan, menjaga pola makan dan gaya hidup serta rajin berolahraga. Hal itu dilakukan supaya tidak ada penyakit apapun yang masuk ke dalam tubuh, termasuk ataksia ini:(.

3. Cara mengatasi Chorea

Pengobatan chorea tergantung pada jenis chorea yang Anda miliki. Pengobatan ini bertujuan untuk mengobati kondisi yang menyebabkannya, yang akan membantu menangani gejala chorea.

4. Cara mengatasi ALS

1. Baclofen dan diazepam, untuk meredakan gejala kaku otot yang mengganggu aktivitas sehari-hari.

2. Trihexyphenidyl atau amitriptyline, untuk membantu pasien yang mengalami kesulitan menelan.

Sekian terimakasih ☺️

Jangan lupa untuk selalu tersenyum dan bersyukur:)