Nasionalisme dan persatuan bangsa

Posted on

Nasionalisme dan persatuan bangsa

Nasionalisme (kebangsaan) ialah sikap cinta tanah air, menjaga persatuan bangsa dengan tetap menjaga perdamaian dunia. Bangsa berarti rumpun masyarakat yang tinggal di sebuah tempat yang sama dan memiliki karakteristik yang hampir sama.

Menurut KBBI, nasionalisme adalah sebuah paham yang mengajarkan untuk mencintai bangsanya sendiri. Ikatan nasionalisme akan muncul saat manusia mulai hidup bersama dalam suatu wilayah tertentu dan tak beranjak dari sana. Mereka yang memiliki rasa nasionalisme akan berusaha untuk mempertahankan negerinya.

Rasa nasionalisme penting untuk dipupuk sejak dini dan dikembangkan dalam berbangsa dan bernegara. Yaitu naluri untuk mempertahankan bangsanya. Negara dengan rakyat yang menjunjung tinggi nasionalisme akan menjadi bangsa yang kuat karena mereka akan membela negaranya bagaikan naluri mereka untuk mempertahankan diri. Nasionalisme penting untuk diupayakan demi keberadaan identitas nasional Indonesia kita.

Rasa nasionalisme brbefa dengan chauvisme yang berarti kecintaan pada negara sangat fanatik sehingga membenarkan merusak dan menghancurkan negara lain demi kejayaan banget sendiri. Adapun nasionalisme itu mencintai bangsa sendiri dan ikut menjaga ketertiban (perdamaian) dunia.