Sebab akibat tentang bencana alam di lombok

Posted on

Sebab akibat tentang bencana alam di lombok

Dikarenakan lempeng bumi yang bergeser dan berakibat gempa mnurut penelitian dr hsil yg diteliti

1. Gempa Lombok merupakan gempa kerak dangkal dengan kedalaman hiposenter 24 kilometer. Hiposenter yang dangkal semacam ini menyebabkan nilai percepatan getaran tanah masih cukup tinggi di permukaan.

Mengacu peta tingkat guncangan (shake map) BMKG, tampak sebagian besar wilayah Lombok Utara dan Timur mengalami guncangan yang mencapai skala intensitas VI-VII MMI.

Dengan estimasi percepatan getaran tanah (PGA) mencapai di atas 120 gal, sudah memenuhi syarat untuk terjadi kerusakan pada bangunan.

2. Kawasan yang mengalami kerusakan akibat gempa di Lombok Utara dan Timur, lahannya didominasi oleh kawasan perbukitan yang tersusun batuan gunung api seperti lava, breksi, dan tufa.

Kawasan dengan kontur lembah dan perbukitan sangat rentan terjadi efek topografi. Efek topografi permukaan dapat memicu terjadinya amplifikasi guncangan yang lebih besar dalam arah horizontal dari pada vertikal, semakin curam lereng, maka makin besar amplifikasinya.

3. Jika kita amati kondisi struktur bangunan yang rusak akibat gempa Lombok ini, tampak hampir semua bangunan yang rusak dan rubuh ternyata tidak memenuhi standar aman gempa bumi.

semoga membantu