Lingkungan sangat berpengaruh bagi perkembangan organisasi. Mengapa demikian  ?​

Posted on

Lingkungan sangat berpengaruh bagi perkembangan organisasi. Mengapa demikian  ?​

  • Pearce dan Robinson (1997) dalamDewi (2005), menyatakan bahwa perumusan strategi mempedomani eksekutif dalam menetapkan kebijakan organisasi untuk mencapai tujuan akhir serta cara yang akan digunakan untuk mencapai tujuan akhir tersebut. Perumusan strategi yang efektif dan efisien adalah perumusan yang memadukan perspektif yang berorientasi kedepan dengan lingkungan internal dan eksternal organisasi.
  • Lingkungan selalu mempengaruhi organisasi dalam melakukan aktifitas, baik secara langsung maupun secara tak langsung. Kelangsungan hidup organisasi sangat dipengaruhi oleh kemampuan organisasi dalam mengelola pengaruh lingkungan ini. Lingkungan dalam organisasi terbagi atas dua macam yaitu lingkungan eksternal dan lingkungan internal (Anton, 2011).
  • 1. Lingkungan Eksternal
  • Lingkungan eksternal diketahui mempunyai peranan besar dalam mempengaruhi pengambilan keputusan manajerial, proses dan struktur organisasi, maka lingkungan eksternal penting untuk selalu dipantau dan dianalisis. Tetapi lingkungan eksternal secara keseluruhan sangat sulit untuk dianalisis, karena lingkungan eksternal sangat kompleks dan saling terkait satu sama lain (Dewi, 2005).
  • Menurut Astuti (2011), lingkungan eksternal adalah institusi atau kekuatan luar yang potensial mempengaruhi kinerja organisasi. Lingkungan eksternal terdiri dari dua komponen, yakni berikut ini.
  • a. Lingkungan khusus
  • Lingkungan khusus adalah bagian dari lingkungan yang secara langsung relevan terhadap pencapaian tujuan organisasi. Lingkungan khusus, meliputi orang-orang yang mempunyai kepentingan dalam organisasi (stake holder), seperti konsumen, pemasok, pesaing, dan kreditor.
  • b. Lingkungan umum
  • Lingkungan umum meliputi berbagai faktor, antara lain kondisi ekonomi, politik dan hukum, social budaya, demografi, teknologi, dan kondisi global yang mungkin mempengaruhi organisasi.
  • Lingkungan eksternal terdiri dari atas unsur-unsur yang berada diluar organisasi, dimana unsur-unsur ini tidak dapat dikendalikan dan diketahui terlebih dahulu oleh manajer, disamping itu juga akan mempengaruhi manajer di dalam pengambilan keputusan yang akan dibuat. Lingkungan ekternal dibagi menjadi dua yaitu lingkungan mikro dan lingkungan makro. Lingkungan eksternal mikro yaitu lingkungan yang mempunyai pengaruh langsung terhadap kegiatan manajemen yang terdiri atas penyedia, para pesaing, langganan, lembaga perbankan dan bukan bank dan lain sebagainya. Lingkungan eksternal makro yaitu lingkungan yang mempunyai pengaruh tidak langsung, seperti kondisi ekonomi, perubahan teknologi, politik, social dan lain sebagainya (Handoko, 2012).
  • Lingkungan eksternal adalah semua stake holder yang berada di luar perusahaan yang mempengaruhi operasi perusahaan baik secara langsung maupun tak langsung. Lingkungan ini sebagian besar tak dapat dikendalikan oleh manajer dan berpengaruh terhadap keputusan yang dibuat oleh manajer. Dalam operasionalnya, organisasi memperoleh masukan-masukan dari lingkungan eksternal seperti bahan baku, tenaga kerja, modal dan sumber daya lainnya dari Lingkungan eksternal. Selanjutnya masukan tersebut di dikelola manajer untuk menghasilkan produk dan jasa. Kemudian produk dan jasa tersebut dijual ke konsumen yang merupakan salah satu unsure lingkungan eksternal (Anton, 2011).
  • Pada pembahasan kali ini, kita akan membahas tentang Lingkungan eksternal makro (umum) organisasi yaitu sosial.
  • 2. Lingkungan sosial
  • Lingkungan sosial seorang individu diciptakan oleh orang lain, hubungan individu dengan mereka, dan hubungan individu di antara mereka. Sifat dari lingkungan sosial ini dalam suatu organisasi merupakan bersifat kompleks atau rumit. Faktor-faktor dalam lingkungan ini meliputi kepemimpinan dalam organisasi, aturan dan kebijaksanaan organisasi, hubungan diantara rekan-rekan kerja, atasan, dan bawahan, norma (aturan tidak tertulis) organisasi, serta dari kelompok tertentu yang ada di dalam organisasi tersebut.
  • Semua aspek dari lingkungan sosial dalam suatu organisasi mempengaruhi perilaku orang-orang di dalamnya. Kepemimpinan, keanggotaan dalam kelompok, dan penghargaan organisasi, merupakan tiga faktor yang memiliki signifikan tertentu mengenai performa dan kepuasan kerja karyawan. Pandangan mengenai lingkungan sosial organisasi ini dibangun diatas konsep bahwa organisasi adalah sistem yang terbuka, yaitu sistem yang mempengaruhi dan dipengaruhi oleh lingkungannya, beinteraksi dengan lingkungannya.
  • Para manajer juga perlu memperhatikan adanya perubahan social budaya masyarakat khususnya pola dan tren pasar yang dituju. Manajer perlu menyesuaikan strategi bisnis terutama pemasarannya dengan kondisi nilai-nilai sosial, kebiasaan, dan selera konsumen. Sebagai contoh saat ini tren nilai dan selera masyarakat perkotaan adalah kembali ke alam sehingga perusahaan perlu menyesuaikan strategi pemasarannya, missal dengan membuat produk yang alami tanpa bahan pengawet.

=========================

trimakasih

Jawaban:

karena dalam suatu organisasi mempengaruhi perilaku orang-orang di dalamnya.

Penjelasan: