Buatlah teks laporan mengenai sosiologi​

Posted on

Buatlah teks laporan mengenai sosiologi​

Jawaban:

Pengertian Sosiologi Perkotaan

Dalam pembahasan ini, penulis mengambil pengertian sosiologoi menurut Soeryono Soekanto yang dikutip dari buku Pengantar Ilmu Sosial (2010) mengatakan bahwa :

“sosiologi merupakan suatu ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia baik dalam kelompok maupun dalam masyarakat. Sosiologi memusatkan perhatian terhadap segi-segi kemasyarakatan yang sifatnya umum dan berusaha untuk mendapatkan pola-pola umum kehidupan masyarakat. Sedangkan menurut Pitirin Sorokin, pengertian sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara aneka macam gejala sosial, seperti gejala agama, gejala moral, gejala ekonomi, dan gejala keluarga. Hubungan dan pengaruh timbal balik antara gejala sosial dan gejala nonsosial, seperti gejala geografis dan biologis. Serta ciri umum semua jenis gejala sosiallainya.

Berdasarkan beberapa pengertian sosiologi dari para ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa sosiologi merupakan suati ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia didalam kelompok dan pengaruh timbal balik antara aneka macam gejala sosial.

Pengertian kota menurut Max Weber, ia mengatakan bahwa kota merupakan suatu tempat yang dapat dikatakan sebagai kota apabila penghuni setempatnya dapat memenuhi sebagian besar kebutuhan ekonominya di pasar lokal. Jadi menurut Max Weber, ciri kota adalah adanya pasar, dan sebagai benteng, serta mempunyai sistem hukum dan lain-lainnya, dan bersifat kosmopolitan. Sedangakan menurut Karl Marx dan F.Engels, mereka berpendapat bahwa kota sebagai persekutuan yang dibentukuntuk melindungi hak milik dan untuk memperbanyak alat-alat produksi dan alat -alat yang diperlukan agar anggota masing-masing dapat mempertahankan diri. Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa kota adalah suatu tempat yang penghuninya dapat memenuhi sebagian besar kebutuhan ekonominya dan dibentuk untuk melindungi hak milik untuk memperbanyak alat-alat produksi dan alat-alat yang diperlukan agar anggota masing-masing dapat mempertahankan diri.

  1. (www.ssbelajar.net/2012/12/pengertian-dan-ciri-ciri-kota.html?m=1)

Setelah memahami apa yang dimaksud dengan sosiologi dan kota berdasarkan uraian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa sosiologi perkotaan merupakan ilmu yang mempelajari tentang kehidupan masyarakat yang berhubungan dengan aspek sosialnya, yakni hubungan atau interkasi manausia dengan lingkungannya dalam sebuah daerah perkotaan. Dalam sosiologi perkotan yang dipelajari antara lain menegenei pola hubungan atau gaya hidup dalam masyarakat,mata pencaharian hidup, permasalah yang terjadi dalam masyarakat perkotaaan dan cara menyeleseikan permasalahan tersebut.

Sejarah Berkembangnya Kota Grobogan

Kabupaten Grobogan adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah, ibukotanya adalah Purwodadi. Kabupaten Grobogan merupakan kabupaten terbesar kedua setelah Cilacap. Nama Grobogan berasal dari kata grobog yang berarti tempat menyimpan segala sesuatu. Hal tersebut terjadi karena, saat Sunan Ngundung pulang dari pertempuran di kerajaan Majapahit dan pulang ke Demak dengan membawa grobok untuk membawa pusaka dan perhiasan tertinggal disuatu tempat. Peristiwa tersebut sangat mengesankan Sunan Ngundung, sebagai kenangan tempat tersebut di beri nama Grobogan, yaitu tempat grobog tertinggal. Secara administratif kabupaten Grobogan lahir pada 4 Maret 1726.

Penjelasan:

maaf kalo salah, semoga membantu!!