Ciri khas sosial budaya indonesia,malaysia,brunei Darusalam,Thailand,Vietnam,Singapura,Laos,

Posted on

Myanmar,Filipina,Kamboja

Ciri khas sosial budaya indonesia,malaysia,brunei Darusalam,Thailand,Vietnam,Singapura,Laos,

Jawaban Terkonfirmasi

Ciri khas sosial budaya Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Thailand. Vietnam, Singapura, Laos, Myanmar, Filipina dan Kamboja

Negara – negara tersebut merupakan negara anggota ASEAN (Association of outh East Asian Nation) yaitu kumpulan negara negara Asia Tenggara. Masing – masing negara tersebut memiliki ciri khas kebudayaan yang berbeda – beda.

mari kita bahas satu per satu ya.. ^^

Pembahasan

  • Indonesia. Negara Indonesia memiliki kebudayaan yang beranekaragam. Jumlah etnis di Indonesia kurang lebih 300 etnis yang terpengaruh oleh budaya dari India, Arab, Cina, Eropa dan Melayu. Banyaknya etnis tersebut mengakibatkan keanekaragaman di bidang kesenian, bahasa dan hasil kebudayaan lain. Contoh nya adalah seni wayang kulit yang menampilkan cerita mitologi Hindu Ramayana dan Baratayuda.
  • Malaysia. Malaysia merupakan negara yang memiliki rumpun bangsa yang sama dengan Indonesia, yaitu rumpun bangsa Melayu. Selain kebudayaan Melayu, di negara Malaysia juga terdapat kebudayaan Tionghoa, India, dan lainnya. Bahasa yang digunakan oleh mayoritas penduduknya adalah bahasa Melayu, selain itu Bahasa Inggris dan bahasa Etnis khusus lainnya.
  • Brunei Darussalam. Brunei adalah sebuah kerajaan Islam. Kebudayaan Brunei hampir serupa dengan budaya Melayu yang ada di Malaysia dan Indonesia. Akan tetapi lebih di dominasi dengan pengaruh kuat dari kebudayaan Islam. Sehingga terlihat lebih konservatif dibandingkan dengan Malaysia dan Indonesia.
  • Thailand. Thailand merupakan negara di Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah oleh bangsa asing. Penduduk negara Thailand sebagian besar adalah suku bagsa Thai. Bahasa nasional yang digunakan adalah Bahasa Siam (Thai). Penduduk Thailand sebagian besar memeluk agama Buddha sehingga banyak diketemukan Pagoda sebagai tempat beribadah umat Buddha. Mata Pencaharian utama penduduk Thailand adalah Pertanian.
  • Vietnam. Vietnam merupakan negara yang memiliki etnis sedikit jika dibandingkan dengan negara Asia Tenggara lainnya. Sekitar 90% penduduk Vietnam merupakan orang Vietnam asli. Agama mayoritas penduduknya adalah Agama Buddha, dengan bahasa nasional nya adalah Bahasa Vietnam.
  • Singapura. Sebagian besar penduduk Singapura merupakan keturunan Tiongkok, kemudian Melayu, India, dan lainnya. Agama mayoritasnya adalah Agama Buddha, Sedangkan Bahasa resmi yang digunakan adalah Bahasa Inggris. Penduduk Singapura mayoritas bekerja di sektor industri.
  • Laos. Jumlah penduduk Laos adalah yang paling sedikit dibandingkan dengan Negara ASEAN lainnya. Agama mayoritas yang dianut oleh penduduknya adalah agama Konghucu dan Bahasa nasionalnya adalah Bahasa Laos.
  • Myanmar. Penduduk negara Myanmar didominasi oleh etnis Tibet Burma. Bahasa Nasionalnya adalah Bahasa Burma dan agama mayoritas penduduknya adalah agama Buddha.
  • Filipina. Penduduk yang mendominasi di Filipina adalah bangsa Filipino, yaitu campuran antara Melayu dan Spanyol. Agama yang palng banyak dianut oleh penduduknya adalah Agama Katolik Roma. Dan bahasa yang dipergunakan adalah Bahasa Tagalog.
  • Kamboja. Kelompok penduduk terbanyak di Kamboja adalah etnis Khmer. Mata pencaharian utamanya adalah sektor pertanian. Dan menggunakan bahasa nasional berupa Bahasa Khmer.

Pelajari Lebih Lanjut

Detil Jawaban

Kelas : 8

Mata Pelajaran : IPS

Bab : Negara – Negara ASEAN

Kode : 8.8.1

Kata Kunci : ciri khas sosial budaya negara – negara ASEAN, kebudayaan ASEAN