Bagaimana keadaan sosial,politik,dan ekonomi indonesia setelah proklamasi kemerdekaan indonesia dilaksanakan

Posted on

Bagaimana keadaan sosial,politik,dan ekonomi indonesia setelah proklamasi kemerdekaan indonesia dilaksanakan

Jawaban:

Pasca kemerdekaan Republik Indonesia, kondisi negara masih belum stabil. Banyak permasalah yang belum diatasi. Bangsa Indonesia masih terus berjuang dalam menghadapi agresi penjajah Belanda untuk yang kedua kalinya ingin menguasai Indonesia.

Penjelasan:

Semoga Membantu Dan Bemanfaat

Jawaban:

Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945 tetapi tidak serta merta menyelesaikan semua permasalahan yang ada. Hal ini disebabkan banyak hal yang harus dilakukan agar kemerdekaan benar-benar dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia dan kemerdekaan merupakan perjuangan sesungguhnya dari masyarakat Indonesia untuk mewujudkan suatu bangsa dan negara yang merdeka dan bebas dari segal bentuk kolonialisme dan imperialisme. Kehidupan sosial, ekonomi, politik dan budaya Indonesia setelah proklamasi kemerdekaan atau di awal kemerdekaan dapat dijabarkan pada uraian berikut.

Pembahasan

•Kondisi kehidupan sosial Indonesia di awal kemerdekaan

Proklamasi kemerdekaan membawa banyak perubahan sosial dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Hal ini disebabkan sebelum diproklamirkannya kemerdekaan Indonesia, masyarakat Indonesia dibagi dalam kelas-kelas masyarakat tertentu atau terjadinya diskriminasi rasial dalam kehidupan rakyat Indonesia. Sebelum Indonesia merdeka, posisi terhormat dan tertinggi dalam masyarakat didominasi oleh warga Eropa dan Jepang dan warga pribumi hanya merupakan masyarakat rendahan dan kebanyakan hanya dijadikan budak dari bangsawan atau penguasa. Setelah proklamasi kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945 segala bentuk diskriminasi rasial dihapuskan sehingga semua warga negara Indonesia memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam segala bidang.

• Kondisi kehidupan ekonomi Indonesia di awal kemerdekaan

Ekonomi Indonesia di masa-masa akhir kekuasaan Jepang dan di awal berdirinya Republik Indonesia berada pada kondisi yang sangat kacau dan sulit. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu:

1. Indonesia baru saja merdeka sehingga belum memiliki sistem pemerintahan yang baik dan belum memiliki pejabat tertentu yang menangani masalah perekonomian.

2.Indonesia belum memiliki cara atau metode untuk mengatur keuangan yang baik.

3.Kekosongan kas negara akibat dari yang Jepang meninggalkan utang yang banyak untuk pembiayaan perang Jepang sehingga membuat Indonesia kesulitan untuk bangkit dari keterpurukan ekonomi.

4.Keamanan dalam negeri Indonesia yang belum stabil sebagai dampak dari sering terjadinya pergantian kabinet yang berimbas pada kestabilan ekonomi.

5.Politik keuangan yang diberlakukan di Indonesia dibuat di Belanda yang bertujuan untuk menekan pertumbuhan ekonomi Indonesia dan menghancurkan ekonomi Indonesia.

6.Adanya blokade ekonomi yang dilakukan Belanda terhadap Indonesia sehingga menyebabkan Indonesia mengalami kesulitan ekonomi.

7.Belanda bersikeras untuk tidak mengakui kemerdekaan Indonesia dan melakukan pergolakan politik sehingga menghambat pengambilan langkah kebijakan di bidang ekonomi.

• Kondisi kehidupan politik di awal kemerdekaan

1. Di masa awal kemerdekaan, Indonesia mulai membenahi kehidupan politiknya dengan pembentukan badan-badan pemerintahan, antara lain: Komite Nasional Indonesia, Kabinet Republik Indonesia, TNI (Tentara Nasional Indonesia), Badan-badan (Laskar-laskar) Perjuangan seperti Barisan Rakyat Indonesia (BARA), Angkatan Pemuda Indonesia (API), Barisan Banteng (BB), Hizbullah, Sabilillah, Kebangkitan Rakyat Indonesia Sulawesi (KRIS), Pemuda Indonesia Maluku (PIM), Barisan Pemberontak Rakyat Indonesia (BPRI), dan Pemuda Sosialis Indonesia (pesindo).

2. Diperkenalkannya sistem politik multipartai yang tidak menciptakan kehidupan politik yang demokratis melainkan menciptakan terjadinya perebutan kepentingan golongan dalam partai-partai politik sehingga tujuan pembentukan partai politik yang semula untuk menyalurkan aspirasi rakyat malah dimanfaatkan oleh para politisi untuk perebutan kursi atau jabatan.

3. Berkembangnya ideologi yang beragam dengan berkembangnya banyak partai politik di Indonesia.

• Kondisi kehidupan budaya di awal kemerdekaan

Berkuasanya Belanda dan Jepang di Indonesia menyebabkan terjadinya akulturasi budaya yang dapat ditemukan pada bentuk bangunan-bangunan yang ada di Indonesia, penggunaan bahasa Belanda dan Jepang dalam beberapa kalangan di awal kemerdekaan Indonesia dan adaptasi beberapa kebiasaan Belanda dan Jepang dalam hal berpakaian maupun pola pikir masyarakat Indonesia.